nusabali

Desa Adat Banjarangkan Gelar Lomba Baleganjur

  • www.nusabali.com-desa-adat-banjarangkan-gelar-lomba-baleganjur

SEMARAPURA, NusaBali
Desa Adat Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, menggelar Lomba Baleganjur Kreasi di Jaba Pura Dalem Setra Delodan, Desa Adat Banjarangkan, Radite Umanis Warigadian, Minggu (15/5).

Lomba ini guna melestarikan seni budaya dan kreasi gong baleganjur.  Selain itu, mengapresiasi dan memacu semangat para yowana dalam untuk melestarikan kesenian, adat, seni budaya dan agama Hindu. Lomba juga untuk mencari bibit-bibit seniman muda Desa Adat Banjarangkan.

Bendesa Adat Banjarangkan AA Gede Dharma Putra menjelaskan lomba diikuti empat sekaa yakni Sekaa Yowana Banjar Adat Selat, Banjar Adat Nesa, Banjar Adat Pagutan, dan Banjar Adat Koripan Kangin. Setiap sekaa diberikan kesempatan menunjukkan kreasi tabuh Baleganjur kreasi sendiri atau tanpa pelatih tabuh.

‘’Lomba ini juga untuk menyatukan yowana se-Desa Adat Banjarangkan dan mecari bibit seniman muda dalam bidang tabuh," harap Dharma Putra, Senin (16/5).

Dalam lomba itu, juara I diraih Yowana Banjar Adat Nesa, Juara II Yowana Banjar Adat Selat, Juara III diraih Yowana Banjar Adat Pagutan dan juara Harapan Yowana Banjar Adat Koripan Kangin. Lomba ini juga diisi dengan pengukuhan Sekaa Seni Nuluh Guna Kinara Dyaksa Yowana, Desa Adat Banjarangkan. *wan

Komentar