nusabali

Polresta Terjunkan Personel Amankan Waisak

  • www.nusabali.com-polresta-terjunkan-personel-amankan-waisak

DENPASAR, NusaBali
Polresta Denpasar bersama Polsek jajaran menerjunkan ratusan personil untuk mengamankan Hari Suci Waisak 2022 M/ 2566 BE pada Viraha maupun Kelenteng, Senin (16/5).

Pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat yang sembahyang. Selain itu juga untuk memastikan umat yang datang sembahyang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.   Polsek Denpasar Selatan menerjunkan 58 personil. Puluhan personil tersebut disebar ke sejumlah Vihara dan Klenteng di wilayah hukum Polsek Denpasar Selatan, seperti Kelenteng Paq Kit Kiong yang terletak di Jalan Palapa, Kelurahan Sesetan. Di klenteng tersebut dikendalikan perwira pengendali Pam AKP I Nyoman Laba.

Herman, selaku pimpinan Kelenteng mengatakan tidak ada persembahyang secara khusus dalam merayakan Waisak. Umat melakukan persembahyangan secara mandiri begitu pula di Kelenteng Maha Grahapati Jalan Kresek, Sesetan. Serupa juga terjadi di Kelenteng Satia Darma Jalan Palapa dan di Griya Kongco Dwipayana, Jalan By Pass Ngurah Rai Suwung Kauh.

Kapolsek Denpasar Selatan Kompol I Made Teja Dwi Permana mengatakan pengamanan dilaksanakan sesuai dengan arahan Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas. Kapolresta memerintahkan untuk menempatkan personil Pam Hari Raya Waisak, meski beberapa tempat ibadah umat Budha di wilayahnya tidak melaksanakan perayaan hari Suci Waisak secara Khusus.

“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kami terjunkan personil. Ini merupakan bentuk pelayanan pengamanan Polri Kepada masyarakat,” ungkap ketua kompol Made Teja.

Kegiatan pengamanan serupa dilakukan oleh aparat Polsek Kuta Selatan. Fokus pengamanan yaitu di Vihara Budha Guna yang berada di Komplek Peribadatan Puja Mandala, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Kapolsek Kuta Selatan Kompol  I Ketut Sugiarta Yogha mengatakan menempatkan 14 personil pengamanan di tempat ibadah. Pengamanan juga melibatkan Babinsa, Pecalang dan Pengamanan internal Vihara.

Polsek Kuta Selatan juga menempatkan personil di Konco Caow Eng Bio yang terletak di Kawasan Tanjung Benoa dan juga Vihara Yayasan Dharma Satya Esa Sempurna di Puri Gading mengantisipasi kerawanan yang terjadi saat perayaan Ibadah, tambahnya.

“Walaupun tidak semua Vihara maupun Keleteng melaksanakan persembahyangan Hari Raya Waisak, kami tetap menyiagakan personil, karena tempat ibadah tetap terbuka untuk umat yang datang berdoa perorangan maupun keluarga," ungkap Kompol Ketut Sugiarta.

Sementara di Polsek Kuta, pengamanan difokuskan di Vihara Dharmayana, Jalan Blambangan, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung. "Berdasarkan surat perintah tugas, kepada personil yang mendapatkan tugas pengamanan pelaksanaan Hari Raya Waisak khususnya di Vihara Dharmayana, sudah berbuat sesuai dengan fungsi dalam ciptakan rasa aman dan tertib bagi umat, " ungkap Padal Ipda Adhi Waluyo. *pol

Komentar