nusabali

Badung Ngotot Dipertandingkan

Soal Peserta Porprov Kurang dari Lima Atlet

  • www.nusabali.com-badung-ngotot-dipertandingkan

keputusan KONI Bali akan merugikan KONI Badung yang berupaya untuk ambil bagian di setiap cabor dan nomor yang dipertandingkan pada Porprov nanti.

MANGUPURA, NusaBali

KONI Badung bersikeras agar KONI Bali tetap menggelar nomor pertandingan pada salah satu cabor, meski pesertanya kurang dari lima atlet. Peserta terancam kurang karena tiap daerah mengirimkan jumlah atlet sangat terbatas dalam ajang Porprov Bali XV/2022, karena dipicu anggaran sangat minim.

"Saat rapat sudah saya sampaikan, dan didengar langsung Ketum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, tetapi kok tetap saja ketentuan tersebut masih belum dicabut,” kata Ketum KONI Badung, Made Nariana, Senin (16/5).

Sebab hal itu, kata Nariana, tidak menutup kemungkinan dari nomor yang sedikit pesertanya itu akan muncul atlet PON. Menurutnya, Porprov Bali untuk pembinaan yang muaranya muncul para atlet yang memperkuat Bali dalam ajang PON. Namun Nariana heran, KONI Bali justru tidak mempertandingkan nomor pertandingan yang pesertanya kurang dari lima atlet.

"Siapa tahu justru dari nomor yang pesertanya kurang dari 5 atlet, kemudian muncul atlet yang bisa mewakil Bali di PON,”kata Ketum Pengprov Muaythai Bali.

Mantan Ketua PWI Bali itu menyebutkan, saat Rapat KONI Bali dengan KONI kabupaten dan kota se-Bali sudah banyak yang menentang kebijakan KONI Bali yang hanya mempertandingkan nomor cabor yang diikuti sedikitnya lima atlet.

Untuk itu, Nariana menolak jika KONI Bali hanya mempertandingkan nomor cabor yang diikuti minimal lima atlet. Sebab di SEA Games Vietnam yang sedang berlangsung,  kata Nariana, ada satu nomor yang hanya diikuti tiga atlet, namun nomor tersebut tetap dipertandingkan juga.

"Saya yakin, meski hanya tiga atlet, iklim kompetisi tidak akan terabaikan, sebab para atlet tentu ingin meraih prestasi tertinggi," kata Nariana, yang juga mantan Ketum KONI Bali.

Menurut Nariana, keputusan KONI Bali akan merugikan KONI Badung yang berupaya untuk ambil bagian di setiap cabor dan nomor yang dipertandingkan pada Porprov nanti.

Sementara dikonfirmasi terpisah Ketua umum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan masih mengkaji dan mempertimbangkan soal harapan satu nomor diikuti 3-5 atlet boleh dipertandingkan di Porprov. Namun, sampai saat ini pihak KONI Bali masih mengacu regulasi sebelumnya satu nomor wajib diikuti lima kabupaten/kota.

"Ini pasti ada plus minusnya, jadi kita lihat saja kedepannya. Yang jelas patokannya masih sama memakai regulasi satu nomor wajib diikuti lima peserta dari daerah berbeda," papar Oka Darmawan.

Binpres KONI Bali, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka menambahkan, terkait THB Porprov akan disahkan dan disebar dalam waktu dekat ini ke KONI Kabupaten/Kota.

Sedangkan soal usulan satu nomor boleh diikuti tiga peserta, itu juga akan ada dalam THB Porprov. Namun, kata Gung Cok, hal itu akan dibahas lebih lanjut, karena regulasinya selama ini tiap nomor wajib diikuti lima peserta dari daerah berbeda. *dek

Komentar