nusabali

Desa Adat Banjarangkan Klungkung Gelar Parade Baleganjur Kreasi

  • www.nusabali.com-desa-adat-banjarangkan-klungkung-gelar-parade-baleganjur-kreasi

SEMARAPURA, NusaBali.com - Desa Adat Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali, mengadakan Parade Baleganjur Kreasi di Jaba Pura Dalem Setra Delodan guna melestarikan seni budaya dan kreasi gong baleganjur serta mencari bibit-bibit seniman muda pada Minggu (15/5/2022).

"Pagelaran Parade Baleganjur Kreasi itu bertujuan untuk mengapresiasi dan memacu semangat para yowana generasi muda Desa Adat Banjarangkan untuk melestarikan kesenian, adat, seni budaya dan agama Hindu," kata Bendesa Adat Banjarangkan AA Gede Dharma Putra.

Parade Baleganjur Berkreasi diikuti empat seka yang masing-masing dari Seka Yowana Banjar Adat Selat, Yowana Banjar Adat Nesa, Yowana Banjar Adat Pagutan, dan Seka Yowana Banjar Adat Koripan Kangin.

Para Yowana Desa Adat Banjarangkan itu diberikan kesempatan menunjukkan kreasi tabuh baleganjur dengan kreasinya tanpa ada pelatih tabuh. Selain pergelaran lomba baleganjur, acara juga dirangkai dengan pengukuhan Seka Seni Nuluh Guna Kinara Dyaksa Yowana Desa Adat.

"Dengan pagelaran lomba Baleganjur Berkreasi ini, kita harapkan dapat mengingatkan dan mengenalkan kembali pada generasi muda akan kekayaan seni budaya dengan kreasi tabuh baleganjur serta menyatukan yowana Desa Adat Banjarangkan dan mencari bibit seniman muda dalam bidang tabuh," ujar dia.

Dalam pergelaran tersebut, juara satu diraih Yowana Banjar Adat Nesa, juara kedua diraih oleh Yowana Banjar Adat Selat, juara tiga diraih oleh Yowana Banjar Adat Pagutan, dan juara harapan diraih oleh Yowana Banjar Adat Koripan Kangin. *ant

Komentar