nusabali

Sebelum Rebut Emas Wushu, Alisya Mellynar Sempat Minder

  • www.nusabali.com-sebelum-rebut-emas-wushu-alisya-mellynar-sempat-minder

HANOI, NusaBali - Atlet wushu Indonesia Alisya Mellynar mengaku sempat insecure, minder dan tak percaya diri,  sebelum mempersembahkan medali emas untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam.

Alisya mendulang medali emas cabang olahraga (cabor) wushu kategori seni nomor taijiquan putri, pada Sabtu (14/5) di Cau Giay Gymnasium, Cau Giay District, Hanoi.

Alysa adalah atlet debutan di SEA Games 2021. Pada kesempatan pertamanya, gadis berusia 20 tahun itu mampu mengibarkan bendera Merah Putih di podium pertama. SEA Games 2021 jadi pengalaman perdananya, Alysa dirundung ketidakpercayaan diri dan minder.

"Kendalanya lebih pada insecure karena ini pertandingan pertama dan peserta yang lain sudah punya nama. Saya merasa, bisa atau tidak ya?" kata Alisya.

Alysa mendapatkan nilai 9,71, untuk mengungguli atlet Filipina, Agatha Chrystenz, dan atlet Malaysia, Sy Xuan Sydney. Dia pun mempersembahkan medali emas itu kepada masyarakat Indonesia, orangtua, dan pelatih saya sejak kecil sampai di tim nasional.

"Sebelum tampil, saya berbicara ke diri. Yakinkan diri kalau saya bisa. Poin yang saya dapat juga melebihi ekspektasi saya karena saya debutan," papar Alisya.

Alisya masih berpeluang membawa harum nama bangsa lagi. Atlet asal Surabaya, Jawa Timur itu akan kembali bertanding di nomor pada Minggu (15/5) di Cau Giay Gymnasium, Cau Giay District.

"Jangan hilang fokus. Harus fokus buat partai selanjutnya. Takutnya sudah dapat medali emas, besok kurang konsentrasi," kata Alisya.

"Main lepas saja. Sebab memang masalah hasil, pasti sudah diatur sama yang di atas. Tinggal saya saja menjalankannya," kata Alisya.

Sukses itu membuat Alisya Mellynmar mempersembahkan medali emas pertama wushu SEA Games 2021 lewat nomor Taolu Taiji Quan Putri.

Atlet 20 tahun itu tampil tenang dihadapan dewan juri berjumlah sembilan orang, namun tetap agresif dan kuat saat mengeluarkan jurus-jurus yang mengundang tepuk tangan penonton yang sebagian besar didominasi oleh pendukung tuan rumah.

Selain emas, wushu hari ini menambah dua perak dari Nicholas pada nomor Taolu Taiji Jian Putra dengan nilai 9,71 dan Haris Horatius pada nomor Taoulu Nan Quan Putra dengan nilai 9,70. *

Komentar