nusabali

Kodam IX/Udayana Donor Darah dan Vaksinasi Massal

  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-donor-darah-dan-vaksinasi-massal

MANGUPURA, NusaBali - Dalam rangka memperingati HUT ke-65 pada 27 Mei mendatang, Kodam IX/Udayana menggelar bakti sosial donor darah dan vaksinasi massal booster Covid-19.

Khusus di wilayah Bali, kegiatan donor darah dan vaksinasi booster digelar di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sabtu (14/5). 

Dalam kegiatan ini, Kodam IX/Udayana menggandeng Komunitas Perempuan Jenggala dan bekerjasama dengan PMI Provinsi Bali. Kegiatan yang seyogyanya dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto itu dipimpin Irdam Brigjen Tatan Ardianto. Pangdam berhalangan hadir karena mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat yang juga merupakan wilayah teritorial Kodam IX/Udayana. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa, Ketua PMI Bali, I Gusti Bagus Alit Putra. Turut hadir politisi senior Partai Golkar yang juga mnggota DPR RI Dapil Bali I Gede Sumarjaya Linggih alias Demer, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, Kepala Dinas Kesehatan Badung dr I Nyoman Gunarta, dan pejabat lainnya. 

Irdam IX/Udayana Brigjen Tatan Ardianto yang turut mendonorkan darahnya mengungkapkan, rangkaian HUT ke-65 ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, seperti ziarah ke taman makam pahlawan, turnamen olahraga, dan lainnya. "Hari ini kami  fokus pada kegiatan donor darah dan vaksinasi booster. Untuk donor darah jumlahnya 300 kantong darah," terangnya 

Dikatakan Irdam, kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan vaksinasi booster ini sejalan dengan upaya dari pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Kegiatan donor darah dan vaksinasi juga digelar juga di NTT dan NTB. 

"Di wilayah NTT dikoordinasikan oleh Korem 161/Wira Sakti dan di wilayah NTB dikoordinasikan oleh Korem 162/Wira Bhakti. Sementara di Bali dikoordinasikan langsung oleh Kodam dan Korem 163/Wira Satya," beber Brigjen Tatan Ardianto.

Sementara Ketua Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa mengatakan sebagai organisasi sosial, Perempuan Jenggala tergerak untuk membantu pemerintah dalam pemulihan pandemi Covid-19. Kartiwa mengaku kegiatan sosial seperti ini telah lakukannya di 20 wilayah di seluruh Indonesia.

"Bali sebagai daerah tujuan wisata jadi prioritas. Wisatawan mancanegara yang mau datang ke Indonesia pasti ke Bali. Oleh karena itu Bali harus dijaga, utamanya soal penanggulangan Covid-19. Kita semua berharap agar situasi segera norma," harap Kartiwa. 7pol

Komentar