nusabali

Indonesia Siap Tempur Lawan India

Dramatis, Korsel Pecundangi China di Final Piala Uber

  • www.nusabali.com-indonesia-siap-tempur-lawan-india

BANGKOK, NusaBali - Satu hari menjelang pertandingan final Piala Thomas 2022, timnas bulutangkis Indonesia mematangkan strategi dan persiapan untuk melibas India, di Impact Arena Bangkok, Thailand, Minggu (15/5). Dalam persiapan itu para pemain diminta fokus berlatih dan lebih banyak tinggal di kamar hotel.

“Indonesia sangat serius menghadapi partai final Piala Thomas lawan India. Mereka berlatih agar lebih siap menghadapi partai final,” tutur manajer tim Hendro Santoso, di Bangkok, Sabtu(14/5).

Menyangkut susunan pemain yang diturunkan, kata Hendro Santoso, tim masih berdiskusi dengan pelatih, pelatih fisik, dokter, hingga tim psikolog. Nama pemain baru akan diserahkan pada hari Minggu, atau sekitar empat jam sebelum pertandingan digelar.
“Kami baru Minggu pagi berdiskusi untuk menyusun formasi pemain yang diturunkan lawan India. Yang pasti, kami turunkan kekuatan terbaik,” kata Hendro.

Sementara itu, pelatih tunggal putra Irwansyah, memastikan semua pemainnya dalam kondisi baik dan siap tempur. Pertarungan lawan Jepang di semifinal, diakui Irwansyah, membuat para pemain letih. Dengan beristirahat penuh pada hari Sabtu, dia optimistis kondisi pemainnya akan kembali bugar.

Irwansyah juga menyampaikan kepada anak didiknya, bahwa mereka harus dalam kondisi siap tempur saat menghadapi India. Siapapun yang terpilih, harus siap untuk sumbang angka.

Sementara pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi mewanti-wanti pemainnya bersedia berjuang keras di final. Lawan India tentu tidak mudah dan perlu penampilan yang ekstra.
“Sebetulnya semua pemain siap dimainkan. Tetapi saya akan berbicara secara personal dulu dengan mereka untuk melihat bagaimana kesiapan fisik, teknik, dan terutama mentalnya. Karena ini partai final yang sangat tidak mudah,” kata Herry Iman Pierngadi. 

“Untuk pertandingan besok (hari ini), saya minta pemain wajib kerja ekstra keras. Ibaratnya, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala,” tuturnya seperti dilansir kompas.com.

Bagi Indonesia, ini merupakan final ke-21 di Piala Thomas. Sedangkan bagi India, partai final Piala Thomas 2022 ini menjadi yang pertama. 

Dari sejarah keikutsertaan Indonesia di Piala Thomas, sudah 14 gelar juara yang berhasil diraih. Enam penampilan lain di final berujung status runner-up.

Indonesia juga tercatat sebagai negara tersukses dalam hal jumlah gelar juara Thomas Cup. China membuntuti dengan koleksi 10 gelar juara.

Keberhasilan Indonesia meraih gelar juara Thomas Cup 2020 lalu sekaligus menyudahi masa paceklik tak pernah bisa menambah gelar juara, selepas masa-masa emas lima edisi beruntun menjadi kampiun dari 1994 sampai 2002.

Setelah tim Thomas Indonesia menyudahi paceklik gelar juara pada tahun lalu, tahun ini publik Indonesia akan berharap Anthony Ginting cs bisa sekaligus mempertahankan gelar juara demi menambah pencapaian Merah Putih di ajang Thomas Cup.

Sementara itu, secara dramatis Korea Selatan menjadi juara Piala Uber 2022 usai mengalahkan Cina 3-2 di laga final di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (14/5) malam Wita.

Tunggal pertama China, Chen Yufei, sukses meraih kemenangan atas An Se yong, 17-21, 21-15, 22-20 dan membawa Timnas unggul atas Korsel 1-0.  Di gim kedua skor imbang 1-1, usai ganda putri Korsel Lee So-hee/Shin Seung-chan mengalahkan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan, 12-21, 21-18, 21-18.

Lalu gim ketiga untuk tunggal kedua Cina, He Bingjiao menang mudah atas Kim Ga Eun 21-12, 21-13.  Pemenang ditentukan duel di game terakhir antara Sim Yu Jin lawan Wang Zhiyi 28-26, 18-21, 21-8. 7

Komentar