nusabali

Aparat Kelurahan Pemecutan Tanam Pohon Bambu di Bantaran Tukad Badung

Jelang Tumpek Wariga

  • www.nusabali.com-aparat-kelurahan-pemecutan-tanam-pohon-bambu-di-bantaran-tukad-badung

DENPASAR, NusaBali
Serangkaian Rahina Tumpek Wariga yang jatuh pada Saniscara Kliwon Wariga, Sabtu (14/5), Pemerintah Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat,  menyelenggarakan aksi bersih-bersih di seputaran Jalan Bukit Barisan dan penanaman pohon bambu di bantaran Tukad Badung, Jumat (13/5).

Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai kelurahan, kepala lingkungan, juru pemantau jentik (Jumantik), tim reaksi cepat kebersihan, bapak angkat kebersihan, dari Inspektorat Kota Denpasar, komunitas Kerti Bali Sejahtera (KBS), dan masyarakat sekitar.

Lurah Pemecutan Ida Bagus Agung Upawana Manuaba, mengatakan pihaknya melakukan sejumlah kegiatan seperti pemungutan sampah plastik dan penanaman pohon di bantaran sungai.

“Karena kondisi bantaran sungai yang kurang baik akibat tergerus arus sungai, kami melakukan penanaman pohon bambu berdasarkan hasil konsultasi dengan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Denpasar beberapa hari yang lalu, bahwa akar bambu terbukti cukup kuat untuk menahan laju erosi arus sungai sehingga harapannya bantaran sungai bisa terselamatkan,” katanya.

Dia berharap dengan penanaman pohon tersebut mampu menjadi solusi untuk menyelamatkan bantaran sungai dari erosi. “Sekaligus juga warga bisa menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari dengan menanam pohon penghijauan di sekitar rumah,” kata Upawana Manuaba. *bin

Komentar