nusabali

Cegah DBD, Kelurahan Padangsambian Intensifkan PSN di Rumah Warga

  • www.nusabali.com-cegah-dbd-kelurahan-padangsambian-intensifkan-psn-di-rumah-warga

DENPASAR, NusaBali
Langkah antisipasi agar kasus demam berdarah dengue (DBD) tidak menyebar, aparat Kelurahan Padangsambian, Denpasar Barat, mengintensifkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Dipimpin Lurah Padangsambian I Ketut Alit Artika, jajaran aparat kelurahan intensif menggelar PSN serentak, Jumat (13/5). Selain ke rumah-rumah warga, beberapa area tanah kosong di lingkungan Padangsari yang ditengarai menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti, tidak luput dari sisiran tim PSN.

Alit Artika menjelaskan, gerakan PSN ini merupakan langkah cepat yang dilakukan oleh pihak Kelurahan Padangsambian untuk mencegah DBD mewabah di daerahnya. “Kami sekaligus mengedukasi warga bahwa perkembangbiakan nyamuk DBD bisa dicegah dengan langkah-langkah sederhana. Yakni, dengan menerapkan gerakan 3M plus di lingkungan rumah tangga dan sekitarnya,” ujarnya.

Langkah 3M yang dimaksud adalah menguras, menutup, dan mendaurulang. Menurutnya langkah sederhana ini cukup mudah dilakukan oleh warga, sehingga pihaknya terus menerus mendorong warga untuk tidak bosan melakukan gerakan ini.

“Sedangkan untuk plus -nya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan antara lain, berupa memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, gotong royong membersihkan lingkungan, menanam tanaman pengusir nyamuk, dan lain sebagainya,” kata Alit Artika.

Ditambahkannya, jajaran kelurahan akan menjadikan PSN sebagai kegiatan rutin dan berkelanjutan. “Sehingga kasus DBD kami harapkan bisa diminimalisir,” ucap Alit Artika. *bin

Komentar