nusabali

SMPN 1 Bangli Gelar Parade Budaya Nusantara

  • www.nusabali.com-smpn-1-bangli-gelar-parade-budaya-nusantara

BANGLI, NusaBali
SMPN 1 Bangli menggelar parade budaya nusantara serangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Jumat (13/5).

Parade budaya nusantara ini diikuti perwakilan masing-masing kelas. Siswa tampil dengan busana tradisional dari berbagai daerah. Kasek SMPN 1 Bangli, I Wayan Agus Adi Wiguna juga menyerahkan piala dan reward kepada siswa berprestasi.

Adi Wiguna menjelaskan, parade budaya Nusantara bertujuan menumbuhkan kecintaan dalam keberagaman dan menguatkan karakter siswa. “Parade budaya nusantara sebagai bentuk aksi nyata profil pelajar Pancasila yakni kreatif, berkebhinekaan global, dan gotong royong,” jelas Adi Wiguna. Siswa yang ikut tampil merupakan perwakilan dari masing-masing kelas dengan peserta 20 pasang.

Siswa yang tampil tidak menyewa pakaian, melainkan memanfaatkan barang yang ada di lingkungnya. “Siswa membuat kreasi di kelas dengan mengoptimalkan bahan atau alat yang ada di lingkungan sekitar sehingga siswa tidak sewa pakaian,” kata kasek asal Kintamani ini. Persiapan yang dilakukan para siswa sejak Selasa (10/5). Persiapan dilakukan di luar jam efektif belajar sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar.

Peserta parade budaya nusantara tampil berpasangan. Peserta menggunakan busana adat dari berbagai daerah. Mereka berjalan mengelilingi halaman sekolah. Penampilan para siswa ditonton oleh siswa lainnya dan para guru. *esa

Komentar