nusabali

Final Piala Thomas 2022: Indonesia Hadapi India

  • www.nusabali.com-final-piala-thomas-2022-indonesia-hadapi-india

BANGKOK, NusaBali.com –  Selangkah lagi Indonesia bakal mempertahankan Piala Thomas. Indonesia melangkah ke final setelah di babak semifinal, Jumat (13/5/2022), mengalahkan Jepang 3-2. Di babak final, Indonesia ditunggu India yang menyingkirkan Denmark juga dengan skor 3-2.

Indonesia langsung unggul 2-0 atas Jepang lewat Anthony Sinisuka Ginting yang menundukkan pebulutangkis peringkat dua dunia, Kento Momota 21-13, 14-21, 21-12. Pertarungan  di Impact Arena Bangkok, Thailand, berjalan menegangkan dalam waktu 82 menit.

Indonesia memperbesar keunggulan lewat pasangan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan  skor 22-20, 8-21, 24-22. Pertarungan partai kedua tak kalah sulit dan memerlukan 66 menit untuk mendapatkan pemenang.

"Syukur alhamdulillah bisa melewati partai krusial ini dan bisa menyumbang poin. Permainan tadi memang kami cukup tertekan bahkan dari awal sampai akhir, tapi bagaimana caranya kami bisa bangkit dan di poin-poin terakhir bisa menang," kata Ahsan setelah pertandingan.

Ketegangan terjadi setelah di partai ketiga  Jonatan Christie gagal mengunci kemenangan bagi Indonesia, setelah dikalahkan Kenta Nishimoto 20-22, 13-21. "Saya minta maaf karena belum bisa menyumbang poin bagi Indonesia hari ini," kata Jonatan.

Menurut Jonatan, faktor kekalahannya malam ini dikarenakan kesalahan mengeksekusi strategi secara tepat pada akhir gim pertama. Sempat unggul atas Nishimoto dengan 20-19, Jonatan justru melakukan kesalahan dan keunggulan pun direbut pemain peringkat ke-20.

Sedangkan pada gim kedua Jonatan kesulitan dengan kondisi angin yang bisa mengoreksi arah pukulan secara signifikan. Kesulitan ini diperparah dengan Nishimoto yang berada pada posisi nyaman untuk menyerang. "Saya harusnya tadi lebih sabar lagi, tapi Nishimoto juga sudah dapat momentum sehingga bisa bermain lebih total," ungkapnya.

Pada partai ke-4, Badminton Lovers kembali harus menelan kekecewaan setelah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus mengakui keunggulan Akira Koga/Yuta Watanabe 14-21, 21-13, 18-21, hingga akhirnya partai terakhir menjadi penentuan.

Shesar Hiren Rhustavito ternyata tak menyia-nyiakan kepercayaan sebagai tunggal ketiga. Atlet yang akrab disapa Vito ini menumbangkan Kodai Naraoka 21-17 21-11.

Sementara itu India menjadi lawan yang tidak terduga bagi Indonesia di babak final, Minggu (15/5/2022). Sebelumnya banyak yang memprediksi Denmark yang lolos ke final. Namun lagi-lagi Denmark harus terhenti di semifinal, sebagaimana semifinal Piala Thomas terdahulu yang dikalahkan Indonesia.

Komentar