nusabali

Bupati Gede Dana Pimpin Gotong Royong Rehab Rumah

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-pimpin-gotong-royong-rehab-rumah

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana memimpin gotong royong rehab rumah warga I Wayan Pasek, 70, di Banjar Gunaksa, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (12/5).

Sebelumnya, Bupati Gede Dana sempat menginap di rumah Wayan Pasek. Rencana membantu bedah rumah, namun lahan yang ditempati milik orang lain. Solusinya, membantu rehab agar rumah yang ditempati keluarga Wayan Pasek tidak bocor saat hujan. Bupati memperbaiki rumah warga kurang mampu ini dengan dana pribadi.

Bupati Gede Dana mengaku prihatin dengan keluarga Wayan Pasek yang menempati rumah tidak layak huni dan bocor. Bupati yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem ini membantu perbaikan rumah dengan dana pribadi agar bisa gerak cepat. Sebab menggunakan bantuan dana pemerintah prosesnya panjang. Selain menggunakan dana pribadi, juga ada sumbangan dari donatur. Wayan Pasek tidak bisa membuat rumah layak huni karena warga kurang mampu, penghasilan sebagai tukang panjat kelapa tidak menentu. Menerima upah Rp 6.000 per pohon yang dipanjat. Memenuhi kebutuhan sehari-hari, Wayan Pasek menggarap lahan yang ditempatinya.  

Wayan Pasek tinggal bersama istri Ni Ketut Rai dan salah seorang anaknya, I Nyoman Yasa. “Ada enam anak, hanya satu yang masih tinggal di rumah ini, sisanya merantau,” ungkap Ketut Rai. Memenuhi kebutuhan hidup, selain dibantu oleh anak-anaknya juga bergantung kepada Nyoman Yasa yang bekerja sebagai tukang panjat kelapa. “Tak menentu dapat kerjaan, kadang seminggu dua kali. Upah panjat Rp 6000 per pohon,” ungkap Ketut Rai. *k16

Komentar