nusabali

Populerkan IKM Tabanan, Dekranasda Buka Pojok IKM di Lobi Kantor Bupati

  • www.nusabali.com-populerkan-ikm-tabanan-dekranasda-buka-pojok-ikm-di-lobi-kantor-bupati

TABANAN, NusaBali
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tabanan membuat terobosan untuk memopulerkan industri kecil menengah (IKM) setempat, dengan cara memajang produk IKM di ‘Pojok IKM’ yang berlokasi di lobi Kantor Bupati Tabanan.

Tujuannya agar produk IKM ini dapat dilirik oleh konsumen dari luar, utamanya kabupaten lain yang melaksanakan kunjungan kerja ke Tabanan. Pojok IKM ini dilaunching Bupati Komang Gede Sanjaya didampingi Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Kamis 12/5). Nantinya di Pojok IKM ini akan ada 10 IKM yang memajang hasil kreasinya. Setiap 3 bulan sekali produk IKM akan dipajang secara bergilir.

Ketua Dekranasda Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan, inovasi Pojok IKM diciptakan guna membantu para UKM lokal, serta diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap pengenalan dan pemasaran produk IKM Kabupaten Tabanan kepada masyarakat luas, khususnya tamu yang berkunjung ke Pemkab Tabanan. “Pemajangan produk ini akan dilakukan bergilir dengan jangka waktu pergantian setiap 3 bulan. Kami usahakan untuk semua perajin di Tabanan kami tampilkan,” ujarnya.

Dijelaskan, karena Tabanan daerah pertanian dan masuk dalam wilayah agraris, maka mayoritas produk yang ditampilkan nantinya adalah kuliner dan kerajinan keramik. “Di tahun ini kami sudah mulai adakan pelatihan digitalisasi, bagaimana nantinya pengusaha kecil dapat mempromosikan produknya dan juga bertransaksi secara digital,” ungkap Ny Rai Sanjaya.

Diakuinya, inovasi ini terinspirasi Ketua Dekranasda Provinsi Bali dalam membangkitkan ekonomi warga. “Saya melihat banyak inspirasi untuk membangkitkan para IKM di masa pandemi, dan kami aplikasikan di sini, di skala kabupaten,” tambah Ny Rai Sanjaya.

Bupati Sanjaya mengapresiasi inovasi yang dibuat. “Ini merupakan peluang bagi para IKM untuk lebih memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat luas. Saya berharap, Pojok IKM Dekranasda ini tidak hanya ada di lobi kantor bupati, tapi ke depannya ada di tempat umum seperti di mal, bandara, bank atau tempat lain yang ramai dikunjungi masyarakat,” ujarnya.

Launching Pojok IKM ini dibarengi dengan penutupan Pameran Kuliner IKM Bali Bangkit Tahap 3. Dalam Kuliner IKM Bali Bangkit yang digelar di Art Center di Denpasar, sejumlah kuliner khas Tabanan dikenalkan, salah satunya entil Pupuan. *des

Komentar