nusabali

Bupati Suwirta Buka TMMD di Bunga Mekar

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-tmmd-di-bunga-mekar

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-113 Kodim 1610 Klungkung Tahun Anggaran 2022, di Balai Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (11/5).

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan alat kerja serta pemberian bingkisan sembako kepada warga. Hadir, Danrem 162/WSA, Brigjen TNI Choirul Anam, bersama Dandim 1610 Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, Camat Nusa Penida Komang Widyasa Putra, dinas terkait serta perangkat desa setempat. Bupati Suwirta mengucapkan terimakasih kepada Kodim 1610 Klungkung, karena dengan anggaran terbatas akan bisa menyelesaikan volume jalan yang banyak, dibandingkan dengan konsep tender yang tentunya memerlukan dana lebih banyak. "Usai TMMD kami akan upayakan pekerjaan jalan ini diteruskan sehingga bisa menjadi jalan alternatif," kata Bupati Suwirta.

Dandim 1610 Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, menyampaikan pihaknya menerjunkan 150 personel dalam TMMD ini. Kegiatan ini menggunakan dana dari Pemkab Klungkung untuk kegiatan fisik Rp 1.269.708.000 dan kegiatan non fisik Rp 280.956.000, sedangkan dana dari Mabes TNI sebesar Rp 483.500.000.

Sasaran kegiatan fisik dalam TMMD ini yakni betonisasi jalan di Desa Sakti Kecamatan Nusa Penida dengan ukuran panjang 500 meter dan lebar 3 meter. Pembukaan jalan di Desa Bunga Mekar dengan ukuran panjang 1.542 meter dan lebar 6 meter serta pembukaan jalan di Desa Batukandik dengan ukuran panjang 1.132 meter dan lebar 6 meter. Sedangkan sasaran tambahannya yakni pembuatan MCK sebanyak 9 unit dengan ukuran panjang 2 meter, lebar 1,5 meter dan pembuatan lapangan voli sebanyak 1 unit.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan monitoring lokasi TMMD yakni pembukaan jalan di Desa Bungamekar dengan ukuran panjang 1.542 meter dan lebar 6 meter serta objek wisata di Desa Bunga Mekar yakni Broken Beach atau Pasih Uug. "Pembukaan jalan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian warga serta memudahkan dan memperlancar akses pariwisata," ujar Dandim 1610 Letkol Inf Suhendar. *wan

Komentar