nusabali

Diskes Bali Minta Dokter Anak Aktif Deteksi Dini Gejala Hepatitis Akut

  • www.nusabali.com-diskes-bali-minta-dokter-anak-aktif-deteksi-dini-gejala-hepatitis-akut

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kesehatan Provinsi Bali meminta seluruh dokter anak di Pulau Dewata berpartisipasi aktif dalam mendeteksi sedini mungkin ketika mendapati pasien anak-anak dengan gejala hepatitis akut.

“Selain mendeteksi sedini mungkin, kemudian tentu mengobati pasien jika ada gejala mengarah ke hepatitis akut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Dr dr I Nyoman Gede Anom di Denpasar, Rabu (11/5).

Pihaknya sejak awal mendapatkan informasi dari Kementerian Kesehatan mengenai hepatitis yang penyebabnya masih misterius itu, sudah langsung menindaklanjuti dengan menggandeng Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Bali.

“Kami mengimbau dokter anak di seluruh Bali untuk ikut berpartisipasi mendeteksi sedini mungkin dan mengobati jika ada gejala yang terkait hepatitis ini,” ujar Gede Anom.

Demikian pula, setiap rumah sakit di Bali juga sudah disiagakan agar siap menerima rujukan dari puskesmas, ataupun berbagai fasilitas kesehatan di desa.

“Masyarakat kami minta kalau ada anggota keluarga yang mengarah ke hepatitis agar cepat dibawa ke fasilitas kesehatan ataupun rumah sakit. Risikonya, pasien bisa meninggal kalau sampai terlambat ditangani,” kata Gede Anom.

Terkait gejala penderita hepatitis akut, menurut Gede Anom, secara umum menyerupai hepatitis, seperti mual, muntah, diare, demam ringan, warna kuning di kulit, dan warna urine lebih pekat.

Di tengah pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) saat ini, Gede Anom pun mengimbau agar guru-guru di sekolah dapat menyosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah terjadinya penularan hepatitis.

“Selain disiplin protokol kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat juga harus tetap dilakukan untuk mencegah jangan sampai timbul kasus tersebut di Bali,” tutur Gede Anom.

Gede Anom menambahkan, hingga saat ini di Provinsi Bali belum ditemukan adanya kasus hepatitis akut. Namun, untuk kasus hepatitis yang sudah umum terjadi, tercatat dari awal 2022 hingga saat ini dilaporkan telah diderita oleh enam orang warga Bali. *ant

Komentar