nusabali

Pergerakan Penumpang Naik 6 Kali Lipat

Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 Ditutup

  • www.nusabali.com-pergerakan-penumpang-naik-6-kali-lipat

MANGUPURA, NusaBali
Selama 16 hari terhitung sejak 25 April hingga 10 Mei 2022, Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, mencatat pergerakan penumpang mencapai 503.869 orang.

Catatan ini mengalami peningkatan signifikan 6 kali lipar dari periode yang sama tahun 2021. Selain itu, pergerakan pesawat juga meningkat 4 kali lipat tahun ini.

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Herry AY Sikado, mengatakan dalam mengantisipasi lonjakan lalu lintas angkutan udara pada momen Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, pihaknya sudah menyiagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran sejak 25 April hingga 10 Mei 2022. “Selama pembukaan posko itu, para pengguna jasa dapat beraktivitas melakukan proses penerbangan dengan aman dan lancar,” jelasnya, Rabu (11/5).

Herry tidak memungkiri, jika sejak dibukanya posko, seluruh operasional berjalan dengan lancar berkat sinergi yang baik seluruh stakeholder. Sudah menjadi tanggung jawab jika para personel yang disiagakan di posko melakukan patroli dan melaporkan aktivitas operasional di Bandara Ngurah Rai setiap hari.

Selama pembukaan posko, lanjut Herry, pergerakan penumpang domestik maupun internasional tercatat 503.869 penumpang dengan pesawat udara yang mengangkut para penumpang sebanyak 3.641 pergerakan. “Capaian tersebut apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021, terdapat kenaikan 662 persen. Begitu juga pesawat yang mengangkut naik 409 persen,” katanya.

Sementara Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Putu Eka Cahyadi, mengatakan penyelenggaraan posko angkutan Lebaran kali ini berjalan relatif kondusif, aman, lancar, dan terkendali. Pemanfaatan teknologi informasi dan konsistensi seluruh pihak yang terlibat berdampak baik bagi kelancaran seluruh operasional di lapangan. Terkait data persetujuan terbang tercatat ada 288 extra flight selama periode angkutan lebaran dengan realisasi penerbangan tambahan 96 persen dengan rute penerbangan tambahan tertinggi dari dan ke Jakarta, Lombok, Surabaya, Balikpapan dan Yogyakarta.

“Pemerintah dalam penanganan Covid-19 pada masa Lebaran ini mendorong peningkatan signifikan jumlah penumpang domestik. Tentu berdampak positif bagi kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi Bali,” kata Cahyadi sembari menambahkan kesuksesan dan kelancaran selama periode angkutan lebaran kali ini hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan. *dar

Komentar