nusabali

13 Peserta JPTP Jalani Asesmen Kompetensi

  • www.nusabali.com-13-peserta-jptp-jalani-asesmen-kompetensi

SINGARAJA, NusaBali
13 pejabat yang ikut seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) menjalani tes kompetensi di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali, Rabu (11/5).

Seluruh peserta seleksi yang memperebutkan tiga jabatan pimpinan tinggi pratama, menjalani dua sesi tes yakni Competency Based Interview  (CBI) dan Leaderless Group Discussion (LGD).

Kepala BKPSDM Buleleng I Gede Wisnawa, dihubungi via telepon kemarin, mengatakan dalam tes asesmen kompetensi akan dilakukan sehari. Peserta menjalani CBI dan LGD sejak pukul 08.00 -14.30 Wita. Panitia seleksi saat CBI menyiapkan enam asesor, masing-masing peserta diwawancarai oleh seorang asesor. Sedangkan dalam tes LGD, peserta dikelompokkan untuk berdiskusi. Seluruh proses diskusi akan dinilai oleh penguji.

Selanjutnya tes tahap dua dilakukan Computer Assisted Test (CAT). Menurut Wisnawa dalam CAT nanti peserta akan mengerjakan soal-soal yang dapat mengukur potensi dan kemampuan menganalisa kasus. “Hari ini (kemarin,Red) seluruh pelaksanaan tes berjalan lancar, seluruh peserta mengikuti dengan baik,” kata Wisnawa.

Jelas dia, proses seleksi JPTP kali ini sedikit berbeda. Agenda seleksi tambahan disiapkan bagi peserta yang mengikuti seleksi di Jabatan Kadisdukcapil Buleleng. Setelah mengikuti asesmen peserta akan kembali mengikuti tes wawancara dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

“Ini khusus untuk jabatan Kadisdukcapil. Harus ada rekomendasi dari Ditjen Dukcapil, kami masih menunggu jadwalnya. Nanti wawancaranya melalui virtual,” jelas mantan Sekwan Buleleng ini.

Panitia baru akan merekap materi setelah tahapan tambahan untuk jabatan Disdukcapil selesai. Pansel JPTP Kabupaten Buleleng akan mengakumulasi nilai tes peserta. Tiga peraih nilai tertinggi dalam proses seleksi akan dimintakan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebelum ditetapkan dan dilantik Bupati Buleleng.

Sebelumnya diberitakan, pansel JPTP Kabupaten Buleleng kembali membuka lelang tiga jabatan eselon II yang lowong. Ketiganya yakni Kepala Disdukcapil, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A). Total ada 13 orang peserta seleksi. Masing-masing jabatan dilamar oleh empat peserta kecuali di jabatan Kepala DAPD dengan lima peserta seleksi. *k23

Komentar