nusabali

Cabor Dayung Persembahkan Emas Pertama Indonesia

  • www.nusabali.com-cabor-dayung-persembahkan-emas-pertama-indonesia

JAKARTA, NusaBali
Cabang olahraga dayung (rowing) menyumbangkan medali emas pertama bagi kontingen Indonesia pada SEA Games 2022 di Vietnam, Rabu (11/5).

Medali emas berasal dari Kakan Rusman dan Ardi Isadi di nomor Men’s Lightweight Double Sculls serta Sulpianto dan Memo di Men’s Double Sculls. Selain itu, rowing juga mempersembahkan dua medali perak.

Medali perak tersebut berasal dari Putri Agni Anugerah/Maslin Efrilia/Annisa Meilani Yahya/Dewi Purwanti di Women’s Quadruple Sculls serta Syiva Lisdiana/Aisah Nabila/Julianti/Chelsea Corputty di Women’s Four.

"Dari cabang olahraga dayung, kita mendapatkan medali emas perdana untuk Indonesia. Secara total dayung menyumbangkan dua emas dan dua medali perak kepada Merah Putih hari ini," ujar CdM Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/5). Sebagai CdM Tim Indonesia, Ferry mengaku sangat bangga dengan perjuangan atlet-atlet Indonesia.

Terlebih cabang olahraga dayung mempersembahkan medali emas dan perak, tepat satu hari jelang opening ceremony yang berlangsung, Kamis (12/5) hari ini. Ferry berharap medali emas dari cabang olahraga rowing bisa menjadi pijakan awal untuk Tim Indonesia berpretasi lagi di hari-hari selanjutnya.

Atlet dayung Kakan Kusmana yang meraih medali emas menyatakan, sangat surprise atas keberhasilan dia dan Ardi memperoleh medali emas. "Sebenarnya nomor pertama putri (quadruple sculls) hampir dapat emas, tapi mungkin rezekinya masih di perak. Kami di situ ingin tampil maksimal saja, dan Alhamdullilah bisa memberikan yang terbaik," ucap Kakan.

Kakan mengucapkan, terima kasih atas dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia sehingga mereka bisa berada di podium pertama. "Terima kasih atas doa dan dukungan untuk dayung Indonesia, khususnya kepada masyarakat Indonesia, NOC Indonesia, Kemenpora, PODSI sebagai induk organisasi dayung,” imbuh Kakan.

Peraih emas dayung (rowing) lainnya dari nomor Men’s Double Sculls, Sulpianto menuturkan, kunci keberhasilannya bersama Memo adalah semangat saat menjalani pertandingan. "Kami juga tidak mau memikirkan apa-apa. Pokoknya berikan kemampuan terbaik saja," tegas Sulpianto. Selain rowing, cabor pencak silat juga mempersebahkan satu medali emas dan dua medali perak.

Emas pencak silat berasal dari ganda putri Riska Hermawan & Ririn Rinasih. Sedangkan perak dari Putri Arum Sari di tunggal putri serta Anggi Faisal Mubarok/Asep Yuldan Sani/Nunu Nugraha di beregu putra. "Kita masih menunggu medals ceremony yang rencananya akan diadakan setelah semua nomor seni pencak silat ini bermain final. Mari kita doakan bersama agar bisa mendapatkan hasil terbaik untuk merah Putih," ucap CdM Ferry Kono. *k22

Komentar