nusabali

Kolaborasikan Tiga Barung Gong Kebyar

Kota Denpasar Tampilkan Fragmentari Amertaning Wimala Bhuana di PKB XLIV

  • www.nusabali.com-kolaborasikan-tiga-barung-gong-kebyar

DENPASAR, NusaBali
Tiga barung gong kebyar yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Utsawa (Parade) Gong Kebyar Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV Tahun 2022 mendapatkan pembinaan dari Tim Kesenian Provinsi Bali, di Wantilan Sewaka Prema, Desa Adat Renon, Denpasar Selatan, Selasa (10/5).

Tiga barung gong kebyar yakni Sekaa Gong Kebyar Dewasa Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh, Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Buana Swara Murti, Banjar Ambengan, Desa Peguyangan Kangin, dan Sekaa Gong Wanita Gita Widya Swari, LPM Kelurahan Renon, akan berkolaborasi untuk tampil bersama.

Pembinaan Tiga Duta Gong Kebyar Duta Kota Denpasar ini dihadiri Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, serta undangan lainnya. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan doa bersama atas berpulangnya seniman Kota Denpasar I Gusti Ngurah Bagus Supartama.

Walikota Jaya Negara memberikan apresiasi atas berbagai persiapan yang dilaksanakan duta kesenian Kota Denpasar, khususnya tiga Sekaa Gong Kebyar Duta Kota Denpasar.  

“Kita saksikan penampilanya sudah maksimal. Kami berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB, khususnya tiga sekaa gong kebyar ini dapat menjaga penjiwaan, emosi, serta konsistensi penampilan, sehingga saat pentas nanti dapat memberikan hasil yang maksimal,” ujar Walikota Jaya Negara.

Walikota Jaya Negara juga menekankan bahwa catatan penting dalam pembinaan agar ditindaklanjuti sebaik mungkin. Sehingga dalam penampilan nanti sesuai dengan pakem, uger-uger, serta pembawaan seni itu sendiri. “Jadi masukan-masukan yang diberikan oleh Tim Pembina Provinsi agar ditindaklanjuti untuk maksimalnya penampilan nanti. Semangat Denpasar, berikan hasil yang terbaik dan maksimal, serta tetap jaga kesehatan,” tandas Walikota Jaya Negara.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara mengatakan, sajian Gong Kebyar Kota Denpasar tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Tiga duta gong kebyar, yakni Sekaa Gong Kebyar Dewasa Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh, Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Buana Swara Murti, Banjar Ambengan, dan Sekaa Gong Wanita Gita Widya Swari, LPM Kelurahan Renon akan berkolaborasi untuk tampil bersama dalam satu panggung.

Dikatakannya, materi yang akan dibawakan yakni Sekaa Gong Kebyar Dewasa Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh akan membawakan Tabuh Pat Pepanggulan Wari Drawa dan Tari Tenggek. Selanjutnya Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Buana Swara Murti, Banjar Ambengan, Desa Peguyangan Kangin akan membawakan Tabuh Kreasi Muni Dwara Murti Candra dan Tari Kreasi Katak Ngongkek.

Sementara Sekaa Gong Wanita Gita Widya Swari, LPM Kelurahan Renon akan membawakan Tabuh Kreasi Sekar Kemuda dan Tari Puja Prasamya. Sedangkan Fragmentari Amertaning Wimala Bhuana akan dibawakan bersama-sama secara kolaborasi oleh ketiga gong kebyar Duta Kota Denpasar.

“Ini yang pertama kalinya, tiga barung gong kebyar tampil dalam satu panggung, serta akan ditampilkan Fragmentari Amertaning Wimala Bhuana sebagai penampilan puncak. Semangat memberikan yang terbaik,” tegas Raka Purwantara. *mis

Komentar