nusabali

Presiden Korsel Sebut Nama Megawati di Pidatonya

  • www.nusabali.com-presiden-korsel-sebut-nama-megawati-di-pidatonya

JAKARTA, NusaBali
Presiden RI ke-5 yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hadir dan menyaksikan langsung prosesi pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel), Yoon Suk Yeol, di Plaza depan Gedung Parlemen, Seoul, Korsel, pada Selasa (10/5/2022) pukul 11.00 waktu setempat.

Dalam keterangan tertulis DPP PDIP, nama Megawati disebut dalam pidato Presiden Yoon Suk Yeol. “Saya juga sangat berterima kasih kepada Yang Mulia Ibu Diah Permata Megawati Soekarnoputri yang datang dari luar negeri, untuk merayakan kesempatan ini dan tamu-tamu terhormat lainnya,” kata Presiden Yoon, yang dalam pidatonya banyak bicara berbagai isu internasional.

Dari masalah domestik Korea, pandemi covid, hingga isu global termasuk mengenai hubungan dengan Korea Utara. Presiden Yoon berkomitmen menyelesaikan permasalahan dengan Korea Utara dengan mengedepankan perdamaian.

Megawati hadir ke lokasi pelantikan dari tempat menginap, Lotte Hotel Seoul dengan iring-iringan protokol tamu negara. Megawati hadir dengan didampingi Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey bersama istri Rita Dondokambey. Lalu ada juga Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistyanto. Megawati memakai baju kebaya berwarna merah.

Megawati diposisikan duduk di deretan kursi bagian depan. Bersamanya adalah Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, Presiden Singapura Halimah Yacob, Presiden Afrika Tengah Faustin-Archange Touadéra, Mantan PM Jepang Yukio Hatoyama serta Douglas Emhoff, suami Kamala Harris yang merupakan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS).

Touadéra berada di sebelah kanan Megawati, sementara Emhoff di sisi kirinya. Deretan kursi Megawati dan yang lainnya itu diapit atau berada diantara kursi yang diduduki oleh Presiden Yoon dan istri, serta kursi yang ditempati mantan Presiden Moon Jae In dan istri.

Saat memasuki lokasi pelantikan, Megawati melambaikan tangan ke arah sekitar 40 ribu warga dan pejabat Korsel yang mengikuti langsung prosesi pelantikan yang hadir di halaman Gedung Parlemen Korsel tersebut. Sejak pagi hari, puluhan ribu warga tersebut sudah hadir di lokasi acara.

Sembari menunggu acara pelantikan dimulai, pembawa acara mewawancarai sejumlah masyarakat yang hadir secara terbuka. Baik itu yang berprofesi sebagai artis, sutradara hingga sopir taksi. Usai pelantikan, Megawati dan rombongan kembali ke tempat istirahat. Lalu malam hari menghadiri perjamuan makan malam yang diadakan oleh Presiden Yoon di Hotel Shilla, Kota Seoul.

Pada kesempatan Gala Dinner itu , Megawati didampingi Dubes Indonesia untuk Korsel Gandi Sulistiyanto, dan dua pengurus pusat PDIP. Yakni Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey dan Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri. Presiden Yoon tiba diiringi tamu VVIP yang duduk semeja.

Antara lain Mr. Douglas Emhoff suami Kamala Harris yang merupakan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Yukio Hatoyama (Mantan PM Jepang), Miyuki Hatoyama (Istri dari Yukio Hatoyama), Presiden Singapura Halimah Yacob, Mohamed Abdullah Alhabshee (suami dari Halimah Yacob) dan Faustin Archange Touadera (Presiden Afrika Tengah).

Usai mendengarkan lagu kebangsaan Korsel, Presiden menyampaikan pidato sekitar lima menit. Dalam pidatonya, dia menyapa dan menyebut nama para tamu VVIP yang hadir, termasuk Megawati. Usai pidato, Presiden Yoon mengajak semua tamu untuk bersulang minuman. Presiden Yoon mendatangi tamu VVIP satu persatu untuk bersulang termasuk dengan Megawati.

Memegang gelas berisi jus jeruk peras, Megawati menerima tanda bersulang dari Presiden Yoon. Presiden Yoon lalu mempersilahkan para tamunya untuk makan. Megawati sendiri duduk bersebelahan dengan istri presiden yang merupakan Ibu Negara Korsel, Kim Kun-Hee. Keduanya tampak berbincang dengan akrab. *k22

Komentar