nusabali

Satpol PP Badung Temukan Satu Orang Tanpa Identitas

Hasil Pemeriksaan Penumpang Arus Balik di Terminal Mengwi

  • www.nusabali.com-satpol-pp-badung-temukan-satu-orang-tanpa-identitas

MANGUPURA, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung, menemukan salah seorang penumpang bus yang kedapatan tanpa membawa identitas.

Temuan ini hasil pemeriksaan arus balik di Terminal Mengwi yang dilakukan bersama tim gabungan, Selasa (10/5). Walaupun ditemukan ada penumpang tanpa kantongi identitas, namun petugas tetap memberikan kesempatan yang bersangkutan melanjutkan perjalanan, setelah ada pihak penjamin selama berada di Bali.

Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan pemeriksaan arus balik di Terminal Mengwi akan dilakukan selama sepekan ke depan. Pada hari pertama kemarin, lanjutnya, ada 26 bus yang masuk terminal dengan penumpang sekitar 700 orang lebih. Mereka diperiksa identitas kependudukannya. “Dalam pemeriksaan tadi ditemukan 1 orang tanpa identitas, penjaminnya sudah datang membawa surat pernyataan yang dibuat,” kata Suryanegara.

Menurutnya, pemudik yang tidak memiliki identitas diberikan kesempatan menghubungi kerabat di Bali. Nantinya kerabat ini yang akan dijadikan penjamin. Namun, jika sama sekali tidak memiliki kerabat, maka penumbang tanpa identitas yang jelas akan dipulangkan kembali ke daerah asalnya. “Penumpang yang datang tanpa identitas penduduk, tidak ada penjamin, dan tidak tau arah mau ke mana tujuannya, pasti akan kami pulangkan atau putar balik,” tegasnya.

Selain pengawasan di pintu masuk, Satpol PP Badung juga akan melakukan pengawasan di desa/kelurahan yang memiliki penduduk pendatang. Sidak yang akan dilakukan adalah pengecekan adminstrasi kependudukan dan riwayat kesehatan. *dar

Komentar