nusabali

Dua Pohon Tumbang di Jalur Amlapura-Singaraja

  • www.nusabali.com-dua-pohon-tumbang-di-jalur-amlapura-singaraja

AMLAPURA, NusaBali
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem menangani dua pohon tumbang di jalur Amlapura-Singaraja.

Pohon santan tumbang di Banjar Tista Gede, Desa Tista, Kecamatan Abang, Minggu (8/5) sekitar pukul 22.25 Wita. Dahan pule di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, tumbang pada Senin (9/5) sekitar pukul 05.15 Wita. Selama melakukan penanganan, arus lalulintas terhenti sekitar 30 menit.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa kebetulan melintas saat dahan pohon pule tumbang di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi. Ida Bagus Arimbawa langsung memerintahkan anggotanya membawa chainsaw ke lokasi untuk melakukan pembersihan. Dahan pule sepanjang 10 meter dengan diameter sekitar 35 cm melintang di jalan raya. “Syukurnya saat kejadian lalulintas sepi,” ungkap Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Sedangkan pohon santan yang tumbang di Banjar Tista Gede terjadi tengah malam. “Masyarakat yang kebetulan melintas melaporkan ada pohon tumbang kepada petugas BPBD. Kami langsung melakukan penanganan,” kata Ida Bagus Arimbawa. Dia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan di musim hujan. Pohon tumbang sulit diprediksi, termasuk tanah longsor. Beda dengan gunung erupsi, prosesnya panjang dan tanda-tandanya terlihat jelas sehingga lebih awal bisa melakukan penyelamatan. *k16

Komentar