nusabali

Kalahkan Real Betis, Barcelona Amankan Tiket Liga Champions

  • www.nusabali.com-kalahkan-real-betis-barcelona-amankan-tiket-liga-champions

SEVILLA, NusaBali
Barcelona mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan, usai menang dramatis 2-1 atas tuan rumah Real Betis, dalam lanjutan Liga Spanyol, di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Minggu (8/5) dinihari WITA.

Barcelona mencuri keunggulan lebih dulu pada babak kedua lewat Ansu Fati. Namun eks Barca Marc Bartra menyamakan skor 1-1 untuk Real Betis. Gol spektakuler Jordi Alba pada injury time memastikan Blaugrana menang 2-1.

Hasil itu mengokohkan Barcelona di peringkat kedua dengan 69 poin. Angka itu memastikan Barca lolos ke Liga Champions musim depan. Sedangkan Real Betis tertahan di tempat kelima 5 dengan 58 poin.

Namun Betis masih memiliki peluang menggeser Atletico Madrid di peringkat ke-4 karena hanya terpaut dua poin. Los Verdiblancos juga hanya unggul dua poin dari Real Sociedad di tempat ke-6.

Sementara itu, Jordi Alba dinilai layak dinobatkan sebagai pemain terbaik alias man of the match pada laga tersebut. Betis menyuguhkan perlawanan yang alot.

Ketika laga tampak akan berakhir imbang, Jordi Alba muncul sebagai pahlawan dengan golnya di menit ke-90+4. Kemenangan ini tidak memengaruhi posisi Barcelona di peringkat dua klasemen sementara.

Gol Alba jelas krusial bagi kemenangan Barcelona. Bek senior Spanyol ini pun berkontribusi dengan membuat assist untuk gol Fati.

Dengan satu gol dan satu assist, Alba layak dipilih sebagai pemain terbaik. Terlebih, performanya selama 90 menit juga terbilang cukup bagus dan konsisten.

Alba membuat total satu tembakan, 92 sentuhan, 85% umpan sukses, empat umpan kunci, dan dua tekel bersih. Whoscored pun memberi Alba rating 8,4.

Sementara itu, pelatih Barcelona Xavi Hernandez percaya diri timnya akan menjalani musim 2022/2023 dengan jauh lebih baik. Menurut Xavi saat ini Barca baru dalam tahap awal perkembangan.

Barca dipastikan menutup musim 2021/22 ini dengan tangan kosong alias tanpa trofi. Namun begitu, Xavi terbukti mampu mengembangkan beberapa hal penting, termasuk soal filosofi bermain.

Perkembangan Barca di bawah Xavi terbilang impresif. Dalam waktu lima bulan sejak menggantikan Ronald Koeman, Xavi membawa Barca naik ke peringkat dua La Liga. *

Komentar