nusabali

Calon Perbekel Meninggal, Pilkel Canggu Tetap Lanjut

Nama dan Foto Almarhum Tetap Dipajang

  • www.nusabali.com-calon-perbekel-meninggal-pilkel-canggu-tetap-lanjut

MANGUPURA, NusaBali
Pasca berpulangnya salah satu dari tiga calon Perbekel Canggu, Nengah Lana, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Badung memastikan pelaksanaan pemilihan perbekel untuk Desa Canggu akan tetap berlanjut.

Nama dan foto almarhum pun akan tetap berada di surat suara saat coblosan (pemilihan,red).  Kepala Dinas PMD Badung I Komang Budhi Argawa mengungkapkan, karena nama calon sudah ditetapkan maka nama serta foto almarhum tetap berada di surat suara. Demikian juga dengan baliho sebagai alat sosialisasi calon foto almarhum tetap dipajang.

Kata Budhi Argawa, sesuai Perbup (Peraturan Bupati) Nomor 78 tahun 2021, karena calon sudah ditetapkan dan calon masih dua orang maka pemilihan tetap dilaksanakan. “Pilkel di Canggu tetap berlanjut. Jadi nama dan foto almarhum tetap berada di surat suara dan baliho sosialisasi calon. Nah saat pemilihan, perolehan suara untuk almarhum otomatis akan dinolkan,” beber Budhi Argawa, Minggu (8/5) kemarin.

Namun, jika almarhum mendapat suara terbanyak, saat pemilihan kata Budhi Argawa, maka calon yang mendapat suara terbanyak kedua atau setara akan ditetapkan sebagai pemenang. “Jika pada saat pemilihan justru almarhum dapat suara terbanyak, maka yang ditetapkan sebagai pemenang adalah calon dengan suara terbanyak berikutnya,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Perbekel Canggu, Kecamatan Kuta Utara, I Nengah Lana akan bertarung di pilkel serentak 2 Mei 2022 mendatang sebagai incumbent. Lana meninggal dunia pada Kamis (5/5) lalu, setelah sempat mengeluhkan sesak nafas.

Perbekel yang kerap berpenampilan nyentrik tersebut dinyatakan meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Garba Med Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung.

Sehari sebelum meninggal, almarhum sempat menonton pertandingan voli di GOR Purna Krida Kerobokan. Namun setelah pulang dari menonton, almarhum mengeluh sesak nafas. Setelah diberikan oksigen, kondisi almarhum sempat membaik dan lanjut menjalani observasi. Namun ternyata saat observasi tersebut, Lana dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 03.30 Wita. *ind

Komentar