nusabali

Tunggu Ijazah, Siswa Diberi SKL

  • www.nusabali.com-tunggu-ijazah-siswa-diberi-skl

Hingga saat ini blangko ijazah sekolah belum dikirim pemerintah pusat.

DENPASAR, NusaBali

Kelulusan siswa SMA se-Bali telah diumumkan secara serentak pada Kamis (5/5) lalu secara online. Hasilnya 99,96 persen siswa di Bali dinyatakan lulus. Berikutnya siswa yang lulus diperbolehkan mengambil Surat Keterangan Lulus mulai Senin (9/5) sembari menunggu pembagian ijazah.

SKL bagi beberapa siswa biasanya digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi, mendaftar beasiswa, ataupun untuk keperluan mencari kerja. "SKL buat siswa yang membutuhkan mulai besok sudah bisa diambil," terang Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Denpasar, Cokorda Gede Anom Wiratmaja, SPd, MPd, kepada NusaBali, Minggu (8/5).

Cok Wiratmaja mengatakan saat ini blangko ijazah sekolah belum dikirim pemerintah pusat. Blangko ijazah yang nantinya dikirimkan merupakan format resmi yang dicetak oleh pemerintah yang akan digunakan sebagai ijazah sekolah.

Ijazah nantinya diberikan paling lambat 15 hari kerja sejak tanggal diterimanya blangko ijazah oleh satuan pendidikan. Untuk tanggal penerbitan ijazah paling cepat satu hari setelah tanggal pengumuman kelulusan dan paling lambat pada 31 Juli 2022.

"Kemungkinan besok (hari ini, Red) dapat informasi kapan ngambil. Dari SK Kemendikbudristek dalam tempo dua minggu setelah blangko diterima sekolah, ijazah harus sudah dibagikan," ujar Kasek Cok Wiratmaja.

Sementara untuk persyaratan pengambilan SKL, ia mengatakan selain siswa telah dinyatakan lulus, tidak ada persyaratan khusus lainnya yang diwajibkan. "Ambil SKL saya layani semua, saya tidak masalah. Kita tidak ingin menghambat anak-anak. Kalau memang perlu silakan datang ke sekolah," ucap Cok Wiratmaja.

Ia mengungkapkan, sejauh ini sebanyak 21 siswa yang baru lulus telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Mereka bisa saja membutuhkan SKL sebagai salah satu syarat pendaftaran lebih lanjut di PTN masing-masing.

Sementara itu SMA Negeri 1 Denpasar  juga siap membagikan SKL kepada siswanya mulai Senin (9/5). Kepala Sekolah SMAN 1 Denpasar, Made Rida, SPd, MPd, mengatakan siswa yang memerlukan SKL semuanya akan difasilitasi pihak sekolah.

"Kelas XII sudah selesai ujian, sudah pengumuman lulus, mulai besok (hari ini, Red) mereka boleh mengambil SKL karena blangko ijazahnya belum datang," ujar Kasek Made Rida. *cr78

Komentar