nusabali

Dukung Skema One Way, Rivan Purwantono: Demi Keselamatan dan Kenyamanan Arus Balik

  • www.nusabali.com-dukung-skema-one-way-rivan-purwantono-demi-keselamatan-dan-kenyamanan-arus-balik

SEMARANG, NusaBali.com - Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Purwantono, menyatakan dukungannya terhadap diberlakukannya one way untuk mengantisipasi potensi puncak arus balik Lebaran 2022 pada tanggal 6 sampai 8 Mei.

Hal ini dikatakan oleh Rivan di sela-sela mendampingi  Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melepas arus balik Lebaran pada Jumat (6/5/2022) siang.

“Rekayasa lalu lintas one way ini diberlakukan dengan tujuan untuk mengurangi  penumpukan pemudik yang akan menuju Jakarta. Sistem one way diharapkan dapat  mengantisipasi terjadinya kemacetan yang panjang di ruas tol arah Jakarta, demi  keselamatan dan kenyamanan bersama sehingga para pemudik dapat kembali ke rumah,” kata Rivan.

Rivan juga mengimbau agar para pemudik mempersiapkan fisik sebaik mungkin,  memanfaatkan fasilitas untuk beristirahat jika lelah dan ngantuk dengan  memanfaatkan Pos Pelayanan Terpadu atau Rest Area, serta melakukan pengecekan  kondisi kendaraan yang digunakan sebelum melakukan perjalanan. 

“Khusus pemudik yang akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan kendaraan  pribadi agar taati aturan rekayasa lalu lintas yang ditetapkan Pemerintah, baik itu  sistem ganjil-genap dan oneway atau juga contraflow, walaupun angka kecelakaan  periode Lebaran tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun 2019,” imbau Rivan. 

Arus balik Lebaran 2022 mulai dibuka dengan rekayasa lalu lintas satu arah  atau one way dari Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang ke arah barat pada  Jumat pukul 14.00 WIB. 

Pembukaan sistem one way dipimpin langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dengan mengemudikan kendaraan operasional mengawal pemudik. 

Turut hadir dalam pelepasan arus balik Lebaran 2022, yakni Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso Seno  Aji, Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana dan Kepala Cabang Jasa  Raharja Jawa Tengah Jahja Joel.

Korlantas Polri menyiapkan dua skema rekayasa akses jalan tol saat pelaksanaan  arus balik ke arah DKI Jakarta, pasca libur Idul Fitri 2022. Dua diskresi kepolisian  tersebut yaitu penerapan skema one way atau satu arah, dan contraflow bagi  kendaraan yang kembali dari Jawa Tengah (Jateng), menuju arah ibu kota negara. 

Pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung, di  Kilometer (Km) 414, sampai dengan Km 47 Tol Cikampek. Sistem satu arah sampai  Km 47 Tol Cikampek tersebut, akan disambut dengan skema contraflow menuju Km  28+500. Pelaksanaan one way diperkirakan bisa berlangsung selama 24 jam hingga  Minggu malam.

Karena itu, Rivan meminta agar masyarakat pemudik, tidak mengambil tanggal 6, 7,  dan 8 Mei sebagai patokan dalam melakukan arus balik. 

“Kami harap masyarakat  mempertimbangkan, jika memiliki waktu cuti yang cukup, bisa kembali setelah tanggal 9 Mei. Dan jangan menunggu di depan pintu tol karena dapat memperparah  kepadatan kendaraan arus balik,” ujar Rivan.

“Dan kita harapkan masyarakat dapat mengikuti arahan pemerintah dengan baik dan  dapat dipantau melalui media dan media sosial karena semua ini untuk kebaikan  bersama dan semoga para pemudik dapat kembali dengan aman dan sehat serta  beraktivitas kembali, ” tutup Rivan.

Komentar