nusabali

Bawa AS Roma ke Final, Mourinho Torehkan Rekor

  • www.nusabali.com-bawa-as-roma-ke-final-mourinho-torehkan-rekor

ROMA, NusaBali
Membawa AS Roma ke final Europa Conference League, Jose Mourinho menorehkan rekor sebagai pelatih pertama yang lima kali melaju ke final dalam tiga kompetisi Eropa berbeda.

Sebelumnya, pelatih asal Portugal itu membawa lima tim berbeda ke final Liga Champions (dua kali), UEFA Cup (sekali), dan Liga Europa (sekali).

AS Roma menang tipis 1-0 atas Leicester City dalam leg kedua semifinal Europa Conference League di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (6/5) dinihari WITA. Satu gol yang dicetak Tammy Abraham membuat AS Roma unggul agregat 2-1.

Sebelumnya Roma menahan imbang 1-1 Leicester di King Power Stadium pada leg pertama pekan lalu.Selanjutnya, mereka akan menghadapi Feyenoord Rotterdam dalam laga final pada 26 Mei di Albania. Feyenoord sendiri menyingkirkan klub Prancis Marseille dengan agregat 3-2.

Satu hal menarik, keberhasilan AS Roma ke final ini terasa istimewa, terutama bagi Mourinho. Conference League baru pertama kali digelar pada musim ini. Mourinho membuktikan diri sebagai pelatih top pertama yang mampu mencapai panggung final kompetisi debutan Eropa tersebut.

Menurut Opta, Mourinho adalah pelatih pertama yang mencapai final kompetisi Eropa bersama empat klub berbeda. Total, pelatih asal Portugal itu lima kali mencapai final dan berhasil menjadi juara dalam empat kesempatan sebelumnya.

"Saya merasa sangat emosional. Bagi kami, ini Liga Champions kami. Tentu saya pernah merasakan momen yang lebih besar dari ini, tapi perasaan ini bukan untuk saya sendiri. Saya merasa emosional untuk para fans dan pemain saya," ujar Mourinho. *

Komentar