nusabali

Karangasem Tambah Enam Desa Wisata

  • www.nusabali.com-karangasem-tambah-enam-desa-wisata

AMLAPURA, NusaBali
Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Karangasen, I Wayan Astika, menyeragkan surat keputusan (SK) Bupati Karangasem Nomor 205/HK/2022 tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Karangasem.

Penyerahan SK desa wisata kepada enam perbekel digelar di aula Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Jumat (6/5). Dengan tambahan enam desa wisata, Kabupaten Karangasem punya 32 desa wisata.

Enam desa wisata yang baru dikukuhkan yakni Desa Adat Dukuh Penaban Kecamatan Karangasem, Desa Pesaban Kecamatan Rendang, Desa Tri Eka Buana Kecamatan Sidemen, Desa Sangkan Gunung Kecamatan Sidemen, Desa Purwakerti Kecamatan Abang, dan Desa Duda Timur Kecamatan Selat. Wayan Astika mengungkapkan, Desa Adat Dukuh Penaban dengan Objek Wisata Museum Pustaka Lontar yang telah melakukan aktivitas sejak tahun 2017. Desa Purwakerti dengan Objek Wisata Amed, ada aktivitas membuat garam tradisional, snorkeling, dan tempat selfie di Pantai Amed.

Desa Pesaban dengan Objek Wisata Bukit Jambul yang mengandalkan panorama alam. Desa Tri Eka Buana dengan objek air terjun, rumah arak, dan aktivitas produksi arak tradisional. Desa Sangkan Gunung dengan objek alam sawah, lembah, dan ngarai. Desa Duda Timur didukung Objek Wisata Putung, panorama alam bukit dan laut, dan air terjun Jaga Satru. Wayan Astika mengungkapkan, keenam desa wisata anyar ini melengkapi 26 desa wisata lainnya. Dari 26 desa wisata yang ditetapkan sebelumnya, kategori maju sebanyak 6 desa wisata, berkembang sebanyak 10 desa wisata, dan rintisan sebanyak 10 desa wisata.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Dukuh Penaban I Nengah Sudana mengatakan, sejak tahun 2017 mengajukan agar dijadikan desa wisata. “Desa Adat Dukuh Penaban lebih dulu terkenal, tetapi pengakuan sebagai desa wisata baru dikukuhkan. Kami bahkan telah dapat penghargaan MURI dengan kepemilikan musem lontar,” jelas Nengah Sudana. *k16

Komentar