nusabali

Hanya Sanggup Kirim 4 Materi Kesenian

Klungkung Anggarkan PKB 2022 Rp 600 Juta

  • www.nusabali.com-hanya-sanggup-kirim-4-materi-kesenian

Anggaran untuk PKB ini memang minim, karena kondisi keuangan daerah yang seperti saat ini. (Kepala Dinas Kebudayaan Ida Bagus Jumpung Oka Wedana).

SEMARAPURA, NusaBali
Kabupaten Klungkung hanya bisa mengirimkan empat  materi kesenian untuk dipentaskan dalam PKB (Pesta Kesenian Bali) tahun 2022 di Art Centre, Denpasar. Karena Pemkab Klungkung didera krisis anggaran untuk bidang ini. Dinas Kebudayaan Klungkung hanya mendapat anggaran Rp 600 juta untuk PKB 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan Klungkung Ida Bagus Jumpung Oka Wedana mengatakan anggaran Rp 600 juta itu, terdiri dari dana BKK (Bantuan Keuangan Khusus) senilai Rp 500 juta, ditambah dana APBD Rp100 juta. "Anggaran untuk PKB ini memang minim, karena kondisi keuangan daerah yang seperti saat ini," ujar Gus Jumpung, Jumat (6/5).

Jelas dia, empat materi yang akan disiapkan oleh duta keseniaan Klungkung pada PKB 2022 nanti, yakni Gong Kebyar Wanita Crekeh Genjer dari Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Lomba Baleganjur diwakili Sanggar Seni Baswaram, Kelurahan Semarapura Tengah, Parade Wayang Calonarang, dan Workshop bidang perempuan.

"Gong Kebyar Wanita Crekeh Genjer dari Desa Lembongan mewakili Klungkung karena meraih Juara 1 Lomba Gong Kebyar Antar Kecamatan di Kabupaten Klungkung tahun 2019," kata Gus Jumpung.

Meskipun hanya menampilkan empat materi PKB, Gus Jumpung mengaku bukan berarti Pemkab Klungkung membatasi kreativitas seniman ‘’Jika ada kesenian yang belum bisa tampil di PKB tahun ini, kami tetap berikan ruang untuk berkreasi, misal kegiatan atraksi budaya yang setiap tahun kami gelar melalui DAK (Dana Alokasi Khsus) non fisik," kata Gus Jumpung.

Sebelumnya, Pemkab Klungkung menggelar Lomba Gong Kebyar Wanita antar kecamatan tahun 2019. Pada hari pertama tampil Sekaa Gong Kebyar Wanita Crekeh Genjer Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida berhadapan dengan Sekaa Gong Kebyar Wanita Ayu Nulus Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan. Pada hari kedua pentas duta Kecamatan Klungkung diwakili oleh Sekaa Gong Kebyar Wanita Gita Tunjung Mekar Desa Adat Besang Kangin, Kelurahan Semarapura Kaja.

Sedangkan dari Kecamatan Dawan diwakili oleh Sekaa Gong Kebyar Wanita Padma Negara Desa Sampalan Kelod. Para sekaa tampil atraktif dihadapan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta, dewan juri serta ratusan penonton yang hadir didepan panggung terbuka Lapangan Puputan Klungkung. Selain membawakan tabuh kreasi, tabuh lelambatan, mereka sekaa juga masing-masing mengiringi tari pilihan dan tari wajib. *wan

Komentar