nusabali

Dinas PKP Tebar 50.000 Ikan Nila di Tukad Sangsang

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-tebar-50000-ikan-nila-di-tukad-sangsang

BANGLI, NusaBali
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli menebar 50.000 benih ikan nila di Tukad Sangsang, Banjar/Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Kamis (5/5).

Kegiatan restoking Dinas PKP Bangli ini didukung krama Banjar Adat Kawan. Penebaran benih ikan dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, I Wayan Sarma, mewakili Bupati Bangli.

Wayan Sarma menjelaskan, kegiatan restoking dengan penebaran benih ikan di Tukad Sangsang untuk mengembalikan sumber daya air. Dinas PKP Bangli memilih perairan umum karena pontensi tumbuh ikan lebih baik. Restoking juga bertujuan meningkatkan konsumsi ikan. Jumlah konsumsi ikan per tahun di Bangli masih rendah. Restoking rutin dilaksanakan setiap tahun. “Dalam setahun kami menebar 300 ribu benih ikan di berbagai lokasi, baik perairan umum, irigasi, maupun di Danau Batur,” jelas mantan Kadis PKP Bangli ini.

Pejabat asal Tembuku ini menyebutkan, benih ikan diperoleh dari pendeder binaan Balai Benih Ikan (BBI) Sidembunut. Menurut Wayan Sarma, ikan yang ditebar di perairan umum dapat dinikmati masyarakat. Hanya saja untuk mengambil ikan tidak diperbolehkan dengan strum atau potas. “Kami minta masyarakat turut mengawasi. Pengambilan ikan bisa dengan jaring dan dipancing,” tegas Wayan Sarma. *esa

Komentar