nusabali

Satpol PP Badung Perketat Pengawasan Prokes

  • www.nusabali.com-satpol-pp-badung-perketat-pengawasan-prokes

MANGUPURA, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, memperketat pengawasan protokol kesehatan (prokes) di kawasan objek wisata selama libur Lebaran.

Hal ini dilakukan lantaran selama libur panjang ini, hampir semua objek wisata di Gumi Keris dipadati wisatawan. Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, menegaskan pengawasan prokes tetap menjadi atensi, kendati kasus pandemi Covid-19 saat ini melandai. Dia mengaku tidak ingin kasus kembali meningkat pasca libur Lebaran tahun ini.

Selama pengawasan dan pemantauan prokes, pihaknya mengerahkan sekitar 76 orang petugas. “Petugas ini di luar yang berjaga di posko gabungan. Pengawasan prokes lebih banyak kepada pembinaan sekaligus menyerahkan masker kepada pengunjung objek wisata,” kata Suryanegara, Kamis (5/5).

Suryanegara lebih lanjut mengatakan, pada liburan panjang ini pengawasan difokuskan di tempat-tempat tujuan wisata. Pasalnya, setelah dua tahun pandemi dan kini sudah melandai, kunjungan wisatawan utamanya domestik mulai meningkat. “Prioritas kita di wilayah pantai seperti Pantai Tanjung Benoa, Kuta, Petitenget, Berawa, Canggu, Pererenan, Cemagi dan wilayah objek wisata alam,” katanya.

Selain mengawasi objek wisata, petugas juga disiagakan di 4 pos gabungan, meliputi pos di perbatasan Badung dan Tabanan, Pos Terminal Mengwi, Pos Pura Petitenget, dan Pos Pantai Kuta. “Untuk tim gabungan kami juga ikut jaga di 4 pos ini,” beber Suryanegara yang notabene mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung ini.

Sementara itu, pasca libur panjang Satpol PP Badung juga akan melakukan giat pemeriksaan arus balik untuk penduduk non permanen. Namun untuk pemeriksaan administrasi penduduk saat arus balik akan dimulai minggu depan. “Pemeriksaan dilaksanakan secara acak dan nantinya operasi bersama Linmas dan pecalang,” tandasnya. *ind

Komentar