nusabali

Arus Balik Lebaran Menuju Bali Mulai Meningkat di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-arus-balik-lebaran-menuju-bali-mulai-meningkat-di-gilimanuk

NEGARA, NusaBali
Pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, arus balik pemudik menuju Bali terus mengalami peningkatan.

Selama 24 jam per Rabu (4/5) pagi hingga Kamis (5/5) pagi tercatat ada sebanyak 34.485 orang penumpang dengan 7.946 unit kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Sebanyak 7.946 kendaraan yang menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk saat H+1 Lebaran itu terdiri dari 2.764 unit kendaraan roda dua dan 5.172 unit kendaraan roda empat. Jumlah penumpang ataupun kendaraan masuk Bali saat H+1 Lebaran itu pun meningkat dibandingkan sehari sebelumnya. Di mana saat H+2 Lebaran per Selasa (3/5) pagi hingga Rabu (4/5) pagi, ada sebanyak 31.786 orang penumpang dengan 1.810 unit kendaraan roda dua dan 4.937 unit kendaraan roda empat yang menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk.

General Manager ASDP Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Hasan Lessy saat dikonfirmasi Kamis kemarin membenarkan adanya peningkatan kembali arus penumpang ke Bali pasca Lebaran tersebut. Di samping peningkatan arus balik pemudik, juga sudah mulai terjadi peningkatan arus balik wisatawan domestik (wisdom) dengan kendaraan mobil pribadi yang kembali ke Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk. "Yang menyeberang ke Ketapang juga mulai meningkat. Kemungkinan itu wisatawan yang sebelumnya liburan ke Bali," ujarnya.

Meski terjadi peningkatan tersebut, Hasan mengatakan sementara belum sampai terjadi antrean kendaraan yang signifikan di Pelabuhan Ketapang maupun Pelabuhan Gilimanuk. "Masih lancar. Namun kita juga tetap antisipasi kalau semisal ada demand (permintaan) yang begitu besar. Terutama saat tanggal 7 dan 8 Mei nanti (saat perkiraan puncak arus balik pemudik ke Bali atupun arus balik wisdom ke Jawa)," ucapnya. *ode

Komentar