nusabali

Laga Ajaib, Real Madrid Singkirkan Manchester City di Ujung Pertandingan

  • www.nusabali.com-laga-ajaib-real-madrid-singkirkan-manchester-city-di-ujung-pertandingan

MADRID, NusaBali.com - Real Madrid melakukan pembalikan luar biasa pada semifinal leg 2 Liga Champions saat menjamu Manchester City di Santiago Bernabeu, Rabu (4/5/2022) malam waktu setempat. Setelah kebobolan lebih dulu, dua gol dilesakkan di ujung laga, hingga dituntaskan lewat gol Karim Benzema di babak perpanjangan waktu.

Apa yang dilakukan Real Madrid ini lebih dahsyat dibanding Liverpool yang sehari sebelumnya juga meng-kick balik Villarreal. Jika di leg 1 Liverpool sudah menang 2-0 atas lawannya, maka Real Madrid punya pekerjaan lebih sulit dengan mengejar kekalahan 4-3 di leg 1.

Kondisi ini semakin pelik saat Riyad Mahrez membawa Manchester City unggul 1-0 lewat gol pada menit ke-73. Namun Real Madrid adalah Real Madrid. Ketika laga seperti berakhir, Rodrygo bisa mencetak gol pada menit 90 memanfaatkan umpan tarik Karim Benzema. Gilanya lagi, semenit kemudian sundulan Rodrygo kembali menjebol gawang City yang dijaga Ederson,  sehingga kedudukan aggregate sama 5-5.

Segera setelah menyamakan kedudukan dan mengawali babak pertama babak perpanjangan waktu, Madrid menggebrak dengan melakukan tusukan untuk membunuh laga ini.

Tiga menit setelah kiper Man City Ederson melakukan penyelamatan penting yang mementahkan upaya gol Benzema, striker timnas Prancis ini berlari kencang bersama rekannya Junior Vinicius menusuk kotak penalti City untuk menyambut umpan. Bek tengah City Ruben Dias berusaha menyapu bola tapi wasit menyatakan sebagai pelanggaran sekalipun kaki Dias terlihat menyentuh bola.

Benzema sukses menjalankan tugas sebagai algojo tendangan penalti dengan mengirimkan bola pelan ke arah kanan ketika Ederson bergerak ke kiri. Untuk pertama kalinya dalam dua leg semifinal ini, Madrid memimpin, dan sekaligus memegang kendali final pada kedudukan 3-1 atau 6-5 secara aggregat.

Pembalikan luar biasa ini tak lepas dari keputusan pelatih Madrid Carlo Ancelotti yang memasukkan Eduardo Camavinga untuk menggantikan Luka Modric dan Marco Asensio menggantikan Casemiro pada menit ke-75 atau empat menit setelah Madrid tertinggal 0-1 dalam leg kedua ini.

Camavinga terbukti ampuh menjinakkan City di lapangan tengah dan menjadi jangkar di tengah baik saat membantu pertahanan dalam menangkal gempuran City maupun menjadi penyuplai bola ke barisan serang yang membuat duet Benzema dan Vinicius semakin merajalela.

City berusaha mencetak gol pada dua babak perpanjangan waktu namun tak kunjung berhasil sehingga pupus sudah impian mereka mencapai final Liga Champions.  Di laga puncak 28 Mei mendatang, Real Madrid akan menghadapi Liverpool. *ant

Komentar