nusabali

Airlangga: Buruh Instrumen Penting Penggerak Ekonomi Nasional

  • www.nusabali.com-airlangga-buruh-instrumen-penting-penggerak-ekonomi-nasional

JAKARTA, NusaBali.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengucapkan Selamat Hari Buruh (May Day), 1 Mei 2022. Ia menegaskan, buruh merupakan bagian penting dalam perekonomian nasional.

Jumlah angkatan kerja di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2021 sebanyak 139,82 juta orang. Jumlah ini meningkat sebanyak 1,59 juta dibandingkan pada Agustus 2020.

“Mengucapkan Selamat Hari Buruh untuk seluruh pekerja di Indonesia. Pemerintah berkomitmen meningkatkan taraf hidup para buruh, dengan berbagai kebijakan yang sudah dan akan dikeluarkan. Semoga THR tahun ini tidak ada masalah, agar buruh bisa bergembira di Hari Raya esok,” tutur Airlangga dalam keterangan, Minggu (1/5/2022).

Menko Airlangga menegaskan, pemerintah memberi keleluasaan kepada buruh untuk berusaha dan menjaga ketahanan hidup mereka di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya memastikan pencairan THR tahun ini.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini berharap, para buruh sudah bisa menikmati THR di Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau ada buruh yang belum terima THR, silakan melapor ke Posko THR yang dibuat Kementerian Ketenagakerjaan. Pemerintah akan menindaklanjuti aduan ini,” tegasnya.

Pada May Day tahun ini, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional meminta maaf, jika kondisi Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari pandemi Covid-19. Airlangga mengaku, meskipun tren kasus Covid-19 di Indonesia konsisten menurun, tetapi penularan belum sepenuhnya hilang.

“Silakan sampaikan aspirasi, silakan berlebaran bersama keluarga di kampung halaman, silakan beribadah Shalat Idul Fitri, tetapi tetap disiplin prokes. Jangan sampai setelah Lebaran, kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik. Saya harap buruh ikut membantu pemerintah mengendalikan Covid-19 dengan disiplin prokes,” ujar Airlangga.

Menko Perekonomian meminta masyarakat yang mudik untuk tetap menjaga diri dan keluarga. Airlangga menitipkan salam untuk seluruh keluarga di kampung halaman.

“Selamat mudik, tetap berhati-hati, jaga diri dan keluarga dengan disiplin prokes. Selamat bergembira dan merayakan Lebaran bersama keluarga,” ujar Menko Perekonomian.

Airlangga mengaku, kondisi ketenagakerjaan nasional sudah mulai pulih dengan turunnya angka pengangguran dari 7,07 persen (Agustus 2020) menjadi 6,49 persen (Agustus 2021).

Selain itu, data menunjukkan penurunan pengangguran tersebut ditunjang dengan meningkatnya lapangan kerja selama 2021 yang mencapai 2,59 juta lapangan kerja baru.

Komentar