nusabali

Kapolda Lepas Bus Mudik Gratis

  • www.nusabali.com-kapolda-lepas-bus-mudik-gratis

DENPASAR, NusaBali
Polresta Denpasar menyediakan bus mudik gratis dalam rangka Libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Layanan bus mudik gratis itu mulai dibuka, Kamis (28/4) pukul 10.00 Wita. Sebanyak 152 pemudik menggunakan dua bus dilepas langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra di Pos Pelayanan Terpadu Uma Anyar, Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara.

Dua bus yang mengangkut 152 pemudik itu menuju ke Jember dan Banyuwangi. Kepada wartawan Kapolda mengatakan program bus mudik gratis untuk pemudik ini adalah salah satu upaya untuk menekan kemacetan lalu lintas. Bus mudik gratis ini dikawal patwal.

"Lebaran Idul Fitri tahun ini pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik. Kami dari kepolisan melakukan langkah-langkah untuk memperlancar mudik tersebut. Salah satu yang jadi antisipasi adalah kemacetan. Melalui program mudik gratis ini diharapkan mampu menekan kemacetan," ungkap Kapolda didampingi Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas seusai melepas dua bus mudik gratis kemarin.

Untuk mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pemudik, polda Bali telah menyiagakan 21 pos pengamanan dan 15 pos pelayanan. Pada puluhan pos tersebut telah disiagakan personil gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Pecalang, dan unsur lainnya yang bekerja dalam rangka pengamanan mudik Lebaran sudah siap untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

"Untuk masyarakat yang mudik, saya minta untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dan ketertiban berlalulintas. Harapannya para pemudik selamat sampai tujuan dan sehat," harap Jenderal lulusan Akpol 1989 ini.

Untuk pengamanan Bali, Polda Bali telah melakukan pendataan rumah-rumah yang ditinggal mudik melalui Bhabinkamtibmas. Rumah-rumah tersebut menjadi sasaran patroli. "Kami juga melibatkan para pecalang di masing-masing banjar atau desa adat," tandas Kapolda.

Sementara itu, Wakapolresta Denpasar AKBP I Wayan Jiartana mengatakan para pemudik yang dilayani dalam program mudik gratis ini syaratnya cuman satu, yakni sudah vaksinasi covid-19. Polresta Denpasar masih membuka kesempatan dua hari ke depan memberikan layanan bus gratis bagi pemudik. Masyarakat yang ingin mudik gratis bisa mendaftar di Polresta Denpasar.

"Syaratnya adalah sudah vaksin. Yang belum vaksin bisa langsung di vaksin di lokasi. Polresta Denpasar sudah menyediakan gerai vaksin. Gerai vaksin ini dibuka tidak hanya untuk pemudik pada bus gratis, tetapi semua orang bisa. Warga yang belum vaksinasi Covid-19 bisa datang ke Simpang Uma Anyar," ungkap AKBP Wayan Jiartana. *pol

Komentar