nusabali

Dinas PMD Nilai Desa Tamanbali dan Desa Jehem

  • www.nusabali.com-dinas-pmd-nilai-desa-tamanbali-dan-desa-jehem

BANGLI, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bangli menilai dan mengevaluasi perkembangan Desa Tamanbali Kecamatan Bangli dan Desa Jehem Kecamatan Tembuku.

Desa yang mendapatkan penilaian terbaik akan mewakili Bangli dalam evaluasi perkembangan desa tingkat provinsi. Penilaian ini untuk mendorong penguatan peran lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan.

Kadis PMD Bangli, Dewa Agung Putu Purnama, mengatakan ada tiga bidang yang dinilai yakni pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Penilaian terhadap desa dilakukan di tingkat kecamatan. “Penilaian dari kecamatan memilih desa yang terbaik untuk wakil di tingkat kabupaten,” ungkap Dewa Purnama, Rabu (27/2). Dari penilaian oleh kecamatan, Desa Tamanbali mewakili Kecamatan Bangli, Desa Tiga mewakili Kecamatan Susut, Desa Jehem mewakili Kecamatan Tembuku, dan Desa Bonyoh mewakili Kecamatan Kintamani.

Menurut Dewa Purnama, penilaian meliputi administrasi dan cek lapangan. “Berdasarkan penilaian administrasi, ada dua desa yang sampai cek lapangan yakni Desa Tamanbali dan Desa Jehem,” ungkap Dewa Purnama. Cek lapangan dilakukan pada 26-27 April. Nantinya dicari desa yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Bangli di tingkat provinsi. Sebagai apresiasi atas pengelolaan yang baik, pemerintah desa mendapatkan BKK sebesar Rp 50 juta. “Desa terbaik mendapat reward dalam bentuk BKK senilai Rp 50 juta,” jelas Dewa Purnama.

Mantan Camat Tembuku ini menyebutkan, dengan pelaksanaan evaluasi ini diharapkan pengelolaan administrasi di pemerintahan desa semakin baik. Pemerintah desa mampu membuat inovasi untuk menumbuhkembangkan perekonomian di desa. *esa

Komentar