nusabali

BKS-LPD Se-Kecamatan Sukawati Gelar Seminar

  • www.nusabali.com-bks-lpd-se-kecamatan-sukawati-gelar-seminar

GIANYAR, NusaBali
Badan Kerjasama LPD se-Kecamatan Sukawati, menggelar seminar motivasi bertema 'Mencari Solusi di Tengah Pandemi.

Menyongsong Operasional LPD dalam Era Baru' di Wantilan Pura Payogan Agung, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Buda Pon Tolu, Rabu (27/4). Seminar menghadirkan motivator I Dewa Made Krishna Muku ST MT, Rektor Institut Bisnis dan Teknologi (Instiki).

Ketua Panitia I Wayan Wata mengatakan seminar ini dipersiapkan setahun lalu, namun karena merebaknya Covid-19 sehingga ditunda. Acara ini didukung LPD se- Kecamatan Sukawati dan BPD Cabang Gianyar. "Selama 2,5 tahun pandemi, sekarang situasi sudah bagus gimana cara kita menguatkan LPD di desa adat. Pengurus dan pengawas satukan persepsi, bersiap menyongsong Operasional LPD dalam era baru," jelas Wayan Wata yang Ketua LPD Guwang ini.

Seminar motivasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja LPD. "LPD sudah terbukti sebagai penopang ekonomi, penopang kesejahteraan desa adat. LPD adalah lbaga kepercayaan, ayo bangun bersama dengan sinergitas, konsolidasi," terangnya. Pengelola LPD diantaranya ketua, pengawas agar bersatu padu menjaga LPD.

Ketua BKS LPD Provinsi Bali Nyoman Cendikiawan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BKS LPD se Kecamatan Sukawati. Kehadiran motivator di bidang IT ini, diharapkan dapat membawa LPD pada pelayanan modern berbasis digital. "LPD milik desa adat, harus juga mengikuti teknologi kekinian," ujarnya.

LPD dalam pelayanan harus memadukan teknologi dan peran seni adat budaya luar biasa. "Desa adat Ketewel contoh, luar biasa koordinasi semua pihak luar biasa sukseskan karya Agung. Acara ini juga luar biasa untuk motivasi LPD, menjaga kondusifitas. Kita harus berperan untuk lembaga keuangan milik desa adat. Kalaupun ada kekurangan nunas ice pemargi rahayu," terang Cendikiawan.

Menurutnya, LPD sudah eksis selama 38 tahun. Sudah menunjukkan kinerja hasil pada masyarakat terutama UMKM. "Ngiring jaga sareng-sareng LPD, mangda jadi warisan lembaga keuangan milik desa. Selamet rahayu. LPD milik desa adat. Pemiliknya agar jaga bersama, jaga kondusifitas," pintanya. *nvi

Komentar