nusabali

Wagub Cok Ace Kukuhkan Pengurus Asosiasi Kebugaran Bali

  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-kukuhkan-pengurus-asosiasi-kebugaran-bali

DENPASAR, NusaBali
Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengukuhkan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Bali Maha Usadhi Asosiasi Kebugaran Bali masa bakti 2022-2027 yang diketuai Prof apt Dr rer nat I Made Agus Gelgel  Wirasuta MSi di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Rabu (27/4). 

Dalam sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Prof Gelgel Wirasuta sebagai inisiator terbentuknya asosiasi yang telah begitu lama didambakan.  Sebagai amanat konstitusi, organisasi baru ini harus melalui sejumlah tahapan, mulai dari pemilihan pengurus, pengukuhan hingga rapat kerja untuk merancang program kerja. “Seluruh tahapan telah dilewati asosiasi hingga terlaksananya pengukuhan pengurus hari ini,” ucapnya.

Ia menilai, asosiasi ini terbentuk pada momentum yang sangat tepat karena saat ini pandemi Covid-19 telah memasuki masa transisi. “Meski belum secara resmi ditetapkan sebagai endemi, namun data menunjukkan situasi makin membaik. Angka infeksi dan kematian akibat Covid-19 saat ini sudah terkendali,” ujarnya.

Wagub Cok Ace berharap terbentuknya Asosiasi Kebugaran Bali memberi sentuhan pada perkembangan sektor pariwisata. Asosiasi ini diharapkan mampu membawa kebugaran ala Bali, bisa bersaing dengan negara lain yang telah terlebih dahulu tersohor dengan teknik kebugaran tradisional seperti Tiongkok, Thailand, dan Jepang.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Pusat Bali Maha Usadhi Prof Agus Gelgel  Wirasuta menerangkan ide pembentukan asosiasi ini muncul di tengah pandemi Covid-19. Suatu ketika, dirinya mendapat undangan untuk mengikuti pertemuan yang berkaitan dengan rencana pengembangan spa ala Bali. “Apa yang dipaparkan saat itu membuat saya sedih karena tidak sesuai dengan warisan leluhur yang memiliki tata cara yang begitu luhur untuk merawat kebugaran,” cetusnya.

Berangkat dari keprihatinan itu, ia kemudian tergerak untuk membentuk sebuah asosiasi yang bertujuan mengembangkan konsep kebugaran ala Bali. Asosiasi ini siap bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder pariwisata.

Wakil Ketua I asosiasi ini dijabat oleh I Ketut Jaman  dan Wakil Ketua II R Rulick Setyahadi. Sementara sekretaris dan bendahara masing-masing dijabat oleh Ni Ketut Rahma Susanti dan RR Sriwidanti Yuliandari. Pengukuhan ditandai dengan penyematan pin dan penyerahan pataka. *cr78

Komentar