nusabali

Disdikpora Kukuhkan Pesanku, Target Bangkitkan 14 Unit Cabor

  • www.nusabali.com-disdikpora-kukuhkan-pesanku-target-bangkitkan-14-unit-cabor

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung mengukuhkan kepengurusan Persatuan Angkatan Taruna Kuta (Pesanku) di Kantor Camat Kuta, Rabu (27/4) siang.

Dengan pengukuhan pengurus baru ini diharapkan bisa membangkitkan 14 unit cabang olahraga (Cabor). Kadisdikpora Kabupaten Badung diwakili Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga I Nyoman Punia, mengatakan olahraga merupakan bagian dari pembangunan masyarakat, sehingga pembangunan dalam bidang olahraga bagian dari integral pembangunan bangsa yang berfokus pada membina dan melahirkan generasi penerus bangsa. “Untuk itu, panji-panji olahraga secara terus menerus kita kumandang dengan slogan-slogan yang ada,” ujarnya.

Dia mengaku, keberadaan organisasi Pesanku sangat strategis dalam fungsi dan perannya dalam menggerakkan seluruh lapisan masyarakat, melalui program yang aktual serta menyentuh kepentingan masyarakat. Dia juga berharap dengan pengukuhan pengurus Pesanku ini mampu bersikap proaktif dan adaptif dalam menanggapi semua persoalan olahraga di wilayah Kuta. “Pengabdian yang tulus dan dilandasi loyalitas terhadap organisasi sangat dibutuhkan melalui sikap koordinasi dalam menjalankan tugas kedepannya,” pesannya.

Sementara I Gusti Ngurah Tiksena, yang dikukuhkan sebagai Ketua Pesanku Masa Bhakti 2022-2025, mengatakan ini adalah kali pertama Pesanku mengalami perubahan setelah berjalan dari tahun ke tahun. Menurutnya, dahulu berada langsung di bawah naungan LPM, sekarang ini dibentuklah kepengurusan inti Pesanku. “Ini adalah momentum kembali bangkitnya Pesanku,” tegasnya.

Menurutnya, selama ini cabor yang paling menonjol di Kelurahan Kuta adalah sepak bola. Namun, melalui gebrakan pengurus saat ini, maka ke depannya diharapkan semua cabor di bawah Pesanku bisa berkembang dan menorehkan prestasi. Setiap cabor yang ada harus dibangkitkan dan didukung bersama-sama. Termasuk oleh tiga lembaga yang ada di Kuta, yakni Lurah, LPM, dan Desa Adat.

Masih menurut dia, setidaknya ada 14 unit cabor yang dinaungi Pesanku. Semuanya diharapkan mampu berkembang secara merata. “Kuta adalah wilayah yang sesungguhnya memiliki potensi-potensi atlet luar biasa. Seperti atlet biliar, yang bertahun-tahun berhasil menyabet medali emas. Jadi dari KONI juga kami harapkan dapat memberikan dukungan berbagai kegiatan yang ada di Pesanku,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kuta Putu Adnyana, yang juga selaku penanggungjawab Pesanku. Menurut dia, selama ini unit-unit cabor yang ada di bawah naungan Pesanku terkesan berjalan sendiri-sendiri. Untuk itu, pengukuhan pengurus baru ini diharapkan bisa satu pintu melalui Pesanku. “Dengan ini, kami ingin unit-unit cabor menjadi satu kesatuan, sehingga ke depan unit-unit tersebut bisa senantiasa mendapat perhatian dan berkembang secara merata,” tandasnya. *dar

Komentar