nusabali

Pemudik Mulai Dijaring ke Terminal Kargo Gilimanuk

  • www.nusabali.com-pemudik-mulai-dijaring-ke-terminal-kargo-gilimanuk

NEGARA, NusaBali
Petugas gabungan dari Kabupaten Jembrana mulai menerapkan pemeriksaan vaksinasi di Pos Pelayanan Terminal Kargo Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Rabu (27/4).

Pemeriksaan ini untuk mengatur arus lalu lintas sekaligus memastikan kelengkapan syarat pelaku perjalanan bagi para pemudik sebelum menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Dari pantauan NusaBali, setiap kendaraan yang hendak menuju Pelabuhan Gilimanuk, dialihkan masuk ke Pos Pelayanan Terminal Kargo Gilimanuk tersebut. Setiap pengendara beserta penumpangnya ditanya dan diminta menunjukan kartu vaksinasi Covid-19. Khusus yang sudah divaksin booster (penguat atau dosis III), langsung diizinkan melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Sedangkan yang diketahui belum ada divaksinasi ataupun baru vaksinasi dosis I serta vaksinasi dosis II, diarahkan melakukan vaksinasi yang disediakan di Pos Pelayanan setempat. Setelah mengikuti vaksiansi, yang sudah vaksiansi booster dipersilahkan melanjutkan perjalanan. Kemudian yang baru divaksinasi dosis II, diarahkan mencari layanan pemeriksaan rapid test antigen.

Sementara yang sebelumya diketahui samasekali belum divaksinasi dan baru menjalani vaksiansi dosis I ataupun tidak bisa divaksin karena penyakit komorbid, diwajibkan menjalani tes swab PCR. Di Pos Pelayanan tersebut, juga ada salah satu klinik swasta yang membuka layanan rapid test antigen dengan tarif Rp 50.000. Selain di Pos Pelayanan itu, bagi yang memerlukan rapid test antigen ataupun tes swab PCR, dipersilahkan melakukan pemeriksaan di klinik terdekat. "Bebas tidak harus di sini. Kalau ada yang memang sudah bawa hasil rapid test ataupun PCR sesuai ketentuan yang berlaku, tidak harus cari lagi," ujar salah satu petugas di Pos Pelayanan tersebut.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan penguraian atus lalu lintas sekaligus pemeriksaan vaksinasi di Pos Pelayanan Terminal Kargo Gilimanuk itu, untuk mengatur lalu lintas supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk. Sementara ini, baru satu Pos Pelayanan yang mulai dilaksanakan karena arus pemudik belum terlalu padat.

Sedangkan 4 Pos Pelayanan lainnya di Jembrana, yakni di Rest Area Pengeragoan, Desa Pengeragoan, Kecamatan Melaya, Terminal Negara, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Gudang Mobil Suzuki dan Gudang Mobil Toyota yang sama-sama berada di Desa/Kecamatan Melaya, belum terlalu dimaksimalkan. "Terkecuali nantinya terjadi peningkatan kita maksimalkan. Saat ini, memang sudah terjadi peningkatan arus mudik. Tetapi masih lancar," ujar AKBP Juliana.

AKBP Juliana menambahkan, pihaknya bersama jajaran terkait di Jembrana, memastikan selalu siap membuka Pos Pelayanan lainnya ketika diperlukan. Dirinya pun tetap mengimbau agar calon pemudik bisa mengatur dengan baik waktu perjalanan mudik. Termasuk melengkapi diri dengan syarat pelaku perjalanan yang berlaku, demi kenyamanan, kelancaran dan kesehatan bersama dalam masa mudik Lebaran di masa pandemi Covid-19 ini.*ode

Komentar