nusabali

Bali Jadi Tujuan Terbanyak dari Bandara Soetta pada H-5 Lebaran

  • www.nusabali.com-bali-jadi-tujuan-terbanyak-dari-bandara-soetta-pada-h-5-lebaran

TANGERANG, NusaBali.com -Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, didominasi arus keberangkatan pelancong yang hendak terbang ke Pulau Bali dibandingkan warga yang melakukan mudik pada H-5 Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Bisa jadi pemudik, bisa jadi pelancong juga. Karena tidak spesifik ini pemudik. Tapi menurut data penerbangan yang kami lihat pemberangkatan (Pulau Bali) untuk tujuan dominasi," ucap Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muardi di Tangerang, Rabu (27/4/2022).

Data pos monitoring terpadu di terminal Bandara Soetta Tangerang mencatat bahwa keberangkatan domestik dari beberapa hari terakhir didominasi oleh keberangkatan penumpang.

Seperti per 27 April, sebanyak 120 ribu pergerakan penumpang terjadi di Bandar Udara terbesar di Indonesia itu.

"Penumpang ada peningkatan sekitar 120 ribuan untuk hari ini sedangkan sebelumnya realisasinya 98 ribu jadi cukup signifikan di hari ini," ujarnya.

Ia mengaku, untuk pergerakan penumpang luar negeri (internasional) baik keberangkatan maupun kedatangan belum terlihat adanya lonjakan penumpang yang signifikan.

"Untuk penumpang luar negeri masih sama seperti kemarin, belum ada lonjakan," kata dia.

Sementara itu, jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), tercatat telah mencapai 119.912 orang. Jumlah penumpang tersebut gabungan dari total perjalanan domestik dan internasional.

"Sesuai data per hari ini jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara ada sebanyak 65.909 orang, sedangkan jumlah penumpang yang tiba ada 54.003 orang," katanya.

Ia menjelaskan, untuk jumlah penumpang yang paling banyak tercatat yaitu memasuki terminal II Bandara Soekarno Hatta dengan total sebanyak 53.873 orang. Sedangkan, di terminal I sendiri total ada sebanyak 21.001 orang, kemudian di terminal III sebanyak 45.038 orang.

"Kalau untuk prediksi penumpang yang akan tiba di Bandara ada sekitar ada 54.003," ujarnya.

Ia menyebutkan, dari total 119.912 pergerakan penumpang pesawat, 65.909 pergerakan penumpang yang berangkat dari Bandara Soetta.

Selain itu, jumlah 119.912 penumpang itu terbagi dalam 848 pesawat, dengan rincian 422 pesawat dengan pemberangkatan, 426 pesawat yang tiba ke Bandara. *ant

Komentar