nusabali

BPBD Bangli Simulasi Siaga Bencana

  • www.nusabali.com-bpbd-bangli-simulasi-siaga-bencana

BANGLI, NusaBali
BPBD dan Pemadam Kebakaran Bangli menggelar simulasi gempa bumi di halaman kantor BPBD Bangli, Jalan Brigjen Ngurah Rai, Bangli, Selasa (26/4).

Simulasi juga digelar di sejumlah instansi dan sekolah. Kepala BPBD Bangli, I Wayan Wardana mengatakan, serangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2022 menggelar apel bersama personel gabungan Polres Bangli, Kodim 1626 Bangli, dan PMI Bangli. Usai apel dilanjutkan dengan simulasi gempa bumi.

Menurut Wayan Wardana, simulasi penting dilaksanakan untuk melatih kesiapsiagaan petugas. “Kegiatan dilakukan di berbagai tempat yakni perkantoran, rumah sakit, sekolah, dan desa. Kami menanamkan pemahanan mitigasi bencana,” ungkap Wayan Wardana. Harapannya, semua bisa melindungi diri saat terjadi bencana. Wayan Wardana didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD dan Damkar Bangli Wayan Yudha Atmadi mengungkapkan sosialisasi dilaksanakan setiap bulan.

Buat sementara tiga sekolah dari target 12 sekolah sudah menjadi lokasi kegiatan sosialisasi dan simulasi siaga bencana. Mantan Camat Bangli ini menegaskan, kesiapsiagaan bencanaan wajib ditanamankan bagi anak-anak. Harapannya, saat terjadi bancana anak-anak tidak panik karena kepanikan justru membahayakan. Dengan adanya simulasi, anak-anak SD diharapkan bisa melindungi diri saat terjadi gempa bumi. *esa

Komentar