nusabali

80 Persen Kamar Hotel di Denpasar Sudah Dipesan Jelang Libur Idul Fitri

  • www.nusabali.com-80-persen-kamar-hotel-di-denpasar-sudah-dipesan-jelang-libur-idul-fitri

DENPASAR, NusaBali
Kunjungan wisatawan saat libur serangkaian Hari Raya Idul Fitri sepertinya kembali menggeliat setelah kasus pandemi melandai.

Data di Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Kota Denpasar, sekitar 80 persen hotel di Denpasar sudah dipesan wisatawan saat libur Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 awal Mei mendatang. Kadis Pariwisata Kota Denpasar Dezire Mulyani, Selasa (26/4), mengatakan pariwisata Denpasar kembali menggeliat setelah pemerintah meringankan syarat perjalanan ke Bali. Kendati sudah banyak yang akan melakukan kunjungan ke Denpasar, Dezire mengatakan sebagian besar adalah wisatawan domestik.

“Secara umum okupansi hotel di Denpasar sudah mencapai 50 persen. Khusus di Sanur sudah 43-47 persen. Apalagi kalau kita lihat jalan-jalan di Kota Denpasar sudah mulai ramai dibanding dua tahun sebelumnya. Semoga ini pertanda ekonomi mulai bergeliat, termasuk pariwisata,” ucap Dezire.

Dezire menambahkan, meskipun wisatawan sudah banyak yang datang ke Denpasar, namun masih didominasi oleh wisatawan domestik. Dengan perbandingan dari jumlah total kunjungan, sebanyak 90 persen domestik dan 10 persen mancanegara.

Sementara itu, terkait dengan libur panjang Lebaran yang akan datang, Dezire optimistis akan lebih banyak lagi wisatawan yang datang ke Denpasar. Apalagi saat ini pesanan hotel di Denpasar sudah mulai terlihat. “Kalau hotel-hotel sudah banyak yang booking. Untuk booking-an yang masuk sekitar 70 sampai 80 persen kamar di hotel di Denpasar sudah dipesan,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Dezire tetap mengingatkan kepada pelaku pariwisata maupun wisatawan untuk taat protokol kesehatan. Karena, meskipun kasus sudah melandai, namun Covid-19 masih ada. “Tetap utamakan protokol kesehatan. Bagaimana pun itu, Covid-19 masih ada walaupun sudah melandai,” tandasnya. *mis

Komentar