nusabali

Siswa SMA PGRI Amlapura Ujian Kompetensi

  • www.nusabali.com-siswa-sma-pgri-amlapura-ujian-kompetensi

AMLAPURA, NusaBali
SMA PGRI Amlapura, satu-satunya SMA yang menggelar ujian kompetensi keahlian di bidang pariwisata, Senin (25/4).

SMA PGRI Amlapura bekerja sama dengan LPK Mediteranian Amlapura untuk menilai 160 siswa ikut ujian kompetensi. Siswa yang lulus ujian kompetensi dapat sertifikat siap kerja. Ujian kompetensi ini digelar sejak tiga tahun lalu untuk siswa kelas XII.

Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Jelantik, mengatakan uji kompetensi digelar dari tanggal 22-26 April 2022. Ujian kompetensi meliputi tata boga, tata hidangan, housekeeping, dan front office. Para siswa yang tamat punya ketrampilan pariwisata. Tamatan SMA PGRI Amlapura siap kerja di industri pariwisata karena telah mengantongi sertifikat lulus uji kompetensi. “Para siswa punya ketrampilan pariwisata dibuktikkan dengan memiliki sertifikat dan dinyatakan berkompeten,” tambahnya.

Selama ini SMA PGRI Amlapura bersaing dengan SMK yang memiliki program keahlian di bidang pariwisata. Di SMK siswa juga mengikuti UKK (uji kompetensi keahlian) sesuai program keahlian yang diikuti sejak kelas X. Hanya saja untuk SMA sangat langka menggelar uji kompetensi. Terpisah, Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana mengatakan UKK berakhir pada Kamis (28/4). Peserta UKK sebanyak 396 siswa. Masing-masing program keahlian teknik kendaraan ringan otomotif sebanyak 33 siswa, teknik dan bisnis sepeda motor sebanyak 27 siswa, asisten keperawatan sebanyak 63 siswa, perhotelan sebanyak 132 siswa, dan tata boga sebanyak 141 siswa.

Wayan Artana mengaku menggelar UKK bekerja sama dengan LSP Parindo Bali. Para siswa mendapatkan sertifikat lulus uji kompetensi. UKK bekerja sama dengan LSP Parindo Bali untuk tata boga dan perhotelan, kerja sama dengan RSUD Karangasem dan LSP Panca Atmajaya Klungkung untuk ujian asisten keperawatan, kerja sama dengan Astra Honda Motor untuk ujian teknik bisnis sepeda motor, dan kerja sama dengan Autotama Amlapura dan Warsa Motor untuk ujian teknik kendaraan ringan. *k16

Komentar