nusabali

Puncak Arus Mudik di Bandara Ngurah Rai Diprediksi 29 April

  • www.nusabali.com-puncak-arus-mudik-di-bandara-ngurah-rai-diprediksi-29-april

MANGUPURA, NusaBali
General Manager Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado memperkirakan puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada, Jumat (29/4) serta arus balik pada, Minggu (8/5).

Total penumpang yang dilayani saat puncak arus mudik dan balik Lebaran masing-masing sekitar 25.000 penumpang. Sebagai langkah antisipasi lonjakan penumpang disiagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 1443 Hijriah di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung mulai, Senin (25/4). Pembukaan posko ini sebagai upaya mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur lebaran. Sesuai rencana, posko tersebut akan beroperasi selama 16 hari ke depan.

Herry AY Sikado mengatakan sebagaimana diketahui saat Idul Fitri tahun ini terdapat libur panjang sesuai  kebijakan pemerintah mulai tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022, sehingga dianggap perlu kesiapan khusus seperti menyiapkan Posko Terpadu Angkutan Udara dengan bersinergi bersama stakeholder, yakni dari Otoritas Bandara Wilayah IV, TNI, Polri, Airnav Indonesia, BMKG, Imigrasi, Basarnas, KKP dan para Airlines maupun Ground Handling.

"Posko terpadu monitoring angkutan udara lebaran tahun 2022/1443 Hijriyah merupakan salah satu tujuan kami menciptakan keamanan dan keselamatan para pengguna jasa hingga kelancaran operasional di Bandara Ngurah Rai," jelas Herry. Hal yang perlu diantisipasi, yakni adanya momen libur lebaran sekaligus pasca dibukanya aktivitas penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai yang sudah mulai menunjukkan pertumbuhan positif, sehingga perlu adanya kesiagaan melalui posko terpadu angkutan udara tahun 2022 yang akan berlangsung mulai 25 April sampai 10 Mei 2022 mendatang.

"Kami juga menyiagakan personel yang akan memonitor kesiapan fasilitas dan layanan pada jam-jam yang trafiknya banyak di bandara, utamanya alur penumpang baik yang akan berangkat maupun datang," kata Herry. Sementara Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, I Putu Eka Cahyadi mengapresiasi dibukanya Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2022 serta seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan posko angkutan lebaran tahun 2022 ini, terutama kepada penyelenggara bandara Angkasa Pura I yang telah menyiapkan dan menyediakan seluruh fasilitas posko terpadu. Dalam posko juga desediakan gerai vaksinasi bagi para calon penumpang angkutan udara yang pelaksanaannya berkolaborasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar yang telah dibuka sejak 6 April 2022 lalu.

"Kita sangat mengapresiasi atas pembukaan posko, ini merupakan sinergitas stakeholder bandara dalam mengantisipasi lonjakan penumpang," ungkapnya. Eka Cahyadi mengatakan saat ini sudah ada pergerakan penerbangan domestik dari dan ke Bali. "Rata-rata pergerakan penerbangan domestik yang berangkat dan datang di Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah mencapai di atas 120 pergerakan per hari," katanya, Senin kemarin. Selama libur Lebaran Eka Cahyadi menjelaskan untuk penerbangan domestik juga sudah terlihat sebanyak lebih kurang 14.000 orang melalui Bandara Ngurah Rai.

Sementara itu, penerbangan internasional tercatat lebih dari 20 pergerakan per hari. "Kami memproyeksikan terhadap pergerakan penumpang ini akan ada kenaikan penumpang sebesar 200 persen dan pesawat sebesar 140 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," ujar Eka Cahyadi. Lebih jauh dia menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah menambah kapasitas penerbangan.

Sesuai dengan data dari 25 April sampai 10 Mei 2022 ada 232 penerbangan tambahan (extra flight) dengan kapasitas kursi 42.456. "Sebagaimana tadi disampaikan, yang terbanyak tentu rutenya berasal dari Jakarta-Denpasar-Jakarta, kemudian disusul dari Denpasar-Jogjakarta, ada juga dari Denpasar-Surabaya termasuk Denpasar-Lombok-Denpasar," ungkapnya. "Lebaran tahun 2022 membawa angin segar bagi masyarakat untuk bisa melakukan mudik lebaran, pemerintah memberikan kelonggaran untuk melakukan mobilitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," pungkasnya. *dar

Komentar