nusabali

Jelang Uber Cup, Komang Ayu Pemanasan di Manila

  • www.nusabali.com-jelang-uber-cup-komang-ayu-pemanasan-di-manila

JAKARTA, NusaBali - Atlet bulutangkis asal Bali Komang Ayu Cahya Dewi tampil di Kejuaraan Badminton Asia Championship (BAC) 2022, di Muntinlupa Sports Complex Manila, Filipina, 26 April-1 Mei 2022. Kejuaraan itu juga jadi ajang pemanasan Komang Ayu sebelum berlama di Piala Uber pada 8-15 Mei 2022 di Thailand.

"Kejuaraan itu level super 1000. Dari Indonesia ada empat pemain tunggal putri. Salah satunya saya, karena masuk peringkat tertinggi ke empat di Indonesia," ujar Komang Ayu, Sabtu (23/4).

Tiga tunggal putri lainnya yang ke Manila, yakni Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani dan Stephanie Widjaja. Menurut anak ketiga dari tiga bersaudara ini, sejumlah pebulutangkis pemain tunggal putri tangguh di Asia juga tampil di kejuaraan itu, sehingga membuat persaingan akan ketat. 

Komang Ayu sendiri baru pertama kali turun di Kejuaraan Asia itu. Dia  tidak terlalu memasang target tinggi. Dia hanya ingin lolos tahapan demi tahapan agar dapat melangkah ke babak selanjutnya.

"Target saya yang terpenting mampu mengimbangi permainan lawan. Kemudian menang dari satu pertandingan ke pertandingan lain agar lolos dari penyisihan group. Lalu maju ke babak berikutnya," kata Runner Up Bahrain Internasional Series 2021 ini.

Komang Ayu sendiri baru mengetahui satu grup penyisihan dengan atlet bulutangkis dari Malaysia. Komang Ayu tidak mengangap enteng lawannya tersebut. Baginya, lawan yang akan dihadapi di BAC berat semua. Namun, dia tetap optimistis mampu mengalahkannya.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, kejuaraan tersebut jadi ajang pemanasan menjelang Piala Thomas-Uber dan SEA Games pada Mei nanti.

"Kejuaraan Asia jadi tolok ukur kesiapan pemain kita menuju Piala Thomas-Uber dan SEA Games, serta mengintip kekuatan negara lain terutama Asia. Di sini pemain-pemain top memang akan hadir berlaga. Kesempatan yang bagus buat kami," kata Rionny, dalam rilis PP PBSI, Sabtu (23/4).

Selain jadi pemanasan, Rionny melihat Kejuaraan Asia di Manila, Filipina menjadi momen penting karena punya bobot poin yang besar dan menambah pengalaman bagi pemain pelapis. 

PBSI sendiri memberangkatkan 20 pebulutangkis putra dan putri nasional yang akan membela Indonesia pada Kejuaraan Asia. k22


Tim Indonesia di Kejuaraan Asia 2022:

Tunggal Putra
1. Anthony Sinisuka Ginting, 2. Jonatan Christie, 3. Shesar Hiren Rhustavito, 4. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri
1. Gregoria Mariska Tunjung, 2. Putri Kusuma Wardani,  3. Stephanie Widjaja, 4. Komang Ayu Cahya Dewi

Ganda Putra
1. MAhsan / Hendra Setiawan,  2. Fajar Alfian / M Rian Ardianto, 3. Bagas Maulana/M Shohibul Fikri,  4. Pramudya K / Yeremia Rambitan

Ganda Putri
1. Ribka Sugiarto / Siti Fadia,  2. Febriana DK / Amalia Cahaya, 3. Jesita Miantoro / Lanny Tria, 4. Meilysa Trias / Rachel Rose

Ganda Campuran
1. Praveen Jordan / Melati Daeva,  2. Rinov Rivaldy / Pitha H Mentari,  3. Adnan Maulana / Mychelle Bandaso, 4. Rehan Naufal K / Lisa Ayu.

Komentar