nusabali

Gilimanuk Sediakan Empat Pos Layanan Vaksinasi

  • www.nusabali.com-gilimanuk-sediakan-empat-pos-layanan-vaksinasi

Pos juga melayani rapid test antigen dan tes swab PCR bagi pelaku perjalanan yang belum mendapatkan vaksin booster.

NEGARA, NusaBali
Untuk memperlancar arus mudik Lebaran tahun 2022, Jembrana akan menyediakan lima titik pos pemeriksaan vaksinasi. Empat dari pos yang juga difungsikan sebagai kantong parkir itu berada di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Selain menyediakan layanan vaksinasi, pos tersebut juga melayani rapid test antigen dan tes swab PCR. Pasalnya, pelaku perjalanan yang belum mendapatkan vaksin booster, diwajibkan melakukan rapid test antigen dan tes swab PCR.

Guna memastikan berbagai kesiapan itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama jajaran Forkopimda Jembrana melakukan pemantauan ke Gilimanuk, Sabtu (23/4). Selain pemantauan di Pelabuhan Gilimanuk, juga dilakukan pemantauan di Pos Pemeriksaan Vaksinasi di Kargo Gilimanuk yang juga menjadi titik kantong parkir terakhir sebelum menuju ke Pelabuhan Gilimanuk.

Menurut Bupati Tamba, dirinya bersama Wabup dan jajaran Forkopimda Kabupaten Jembrana berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pemudik jelang Lebaran. Hal itu pun bertujuan agar aktivitas arus mudik maupun saat balik nanti dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif, khususnya di sepanjang wilayah Kabupaten Jembrana. 

"Jadi kita pastikan hari ini untuk kenyamanan pemudik. Dan sudah cek di lapangan, bagaimana mengatur lalu lintas bagi kendaraan sepeda motor, mobil, truk, bus, itu sudah ada plotting masing-masing. Pak Kapolres sudah memploting itu beserta jajaranya. Sudah sangat sempurna dan sangat baik," ujar bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Untuk melayani vaksinasi pemudik, sambung Bupati Tamba, juga sudah disiapkan sebayak 4 titik pos layanan vaksinasi di Gilimanuk. Di antaranya 2 titik di Pelabuhan Gilimanuk dan 2 Terminal Kargo Gilimanuk. Sementara di 4 pos pemeriksaan vaksinasi lainnya, juga sudah disiapkan masing-masing 1 pos layanan vaksinasi. "Kita siapkan maksimal. Di Gilimanuk sendiri, di  Terminal Kargo (Gilimanuk) ada 2, di Pelabuhan Gilimanuk juga ada 2. Jadi total 4 (yang ada di Gilimanuk) itu sudah sangat cukup. Karena masyarakat sekarang sudah semuanya mengerti. Kalau mau nyebrang dia harus vaksin segala macam rapid tes, mereka sudah paham," ucap Bupati Tamba.

Untuk membantu kelancaran mudik, Bupati Tamba pun mengimbau kepada calon pemudik agar menentukan hari dan waktu yang tepat untuk mudik. Diharapkan untuk menghindari masa puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi mulai tanggal 28 April. "Saudara-saudaraku yang akan melaksanakan mudik, pilih-pilihlah harinya. Terutama yang menggunakan sepeda motor agar memilih waktu dan melihat kondisi cuaca yang bersahabat. Sehingga ketika mudik terasa nyaman hingga sampai di kampung halaman dengan selamat," pesan Bupati Tamba.

Sementara Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana juga mengimbau agar para calon  pemudik sebisa mungkin tidak menggunakan kendaraan pribadi saat melaksanakan mudik nanti. Namun diharapkan memilih transportasi umum sehingga bisa mengurangi mobilitas yang ada di jalur Denpasar-Gilimanuk.

"Namun apabila tetap menggunakan sepeda motor, barang bawaan harus diperhatikan. Jangan sampai mengganggu keselamatan di jalan. Dan tentu waktunya dipilih. Jangan pada saat arus puncak yang diperkirakan tanggal 28, 29 dan 30 (April)," ujar AKBP Juliana. 7ode

Lima Pos Pemeriksaan Vaksin di Jembrana:
- Rest Area Pengeragoan, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan 
- Terminal Umum Negara, Desa Baluk, Kecamatan Negara
- Gudang Suzuki, Desa/Kecamatan Melaya
- Gudang  Toyota, Desa/Kecamatan Melaya
- Terminal Kargo Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya. 

Komentar