nusabali

Dies Natalis Ke-5 Politeknik Internasional Bali, Spirit Kebangkitan Pariwisata Bali

Wagub, Metaverse Indonesia, hingga Jun Bintang Ikut Meriahkan Dies Natalis ke-5 Politeknik Internasional Bali

  • www.nusabali.com-dies-natalis-ke-5-politeknik-internasional-bali-spirit-kebangkitan-pariwisata-bali
  • www.nusabali.com-dies-natalis-ke-5-politeknik-internasional-bali-spirit-kebangkitan-pariwisata-bali
  • www.nusabali.com-dies-natalis-ke-5-politeknik-internasional-bali-spirit-kebangkitan-pariwisata-bali
  • www.nusabali.com-dies-natalis-ke-5-politeknik-internasional-bali-spirit-kebangkitan-pariwisata-bali

TABANAN, NusaBali - Kampus pariwisata Politeknik Internasional Bali (PIB) merayakan hari jadinya (Dies Natalis) yang ke-5 di kampus setempat, Jalan Pantai Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, Jumat (22/4) malam.

Dies Natalis yang dihelat di area Gapura Bhagawan ini mengangkat tema 'Challenges of Digitizing Tourism and Creative Economy Towards New Society 5.0'.  Undangan dan masyarakat umum yang mencapai ribuan orang itu pun  larut dalam kemeriahan acara dan kegiatan seperti talk show, culinary festival, vintage car show, hingga entertainment. 

Talk show menghadirkan sejumlah narasumber kompeten yakni, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali Trisno Nugroho; Ketua IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association) Bali Yoga Iswara, CEO Impactto Italo Gani, Executive Chairman of WIR Group Daniel Surya, termasuk Wakil Direktur Politeknik Internasional Bali, Dr Paulus Herry Arianto MA CBC. 

Direktur Politeknik Internasional Bali, Prof Dr Ir Anastasia Sulistyawati MS MM MMis DTh PhD DAg, dalam pidatonya menuturkan tujuan utama diselenggarakannya acara Dies Natalis PIB tahun ini secara megah dan meriah. “Dies Natalis PIB yang ke-5 diadakan dengan spirit membangkitkan pariwisata pasca pandemi Covid-19,” tutur guru besar 
yang akrab disapa dengan panggilan Prof Suli ini.

Lebih lanjut, Prof Suli menambahkan bahwa seluruh pelaku pariwisata harus  bahu-membahu memupuk rasa optimisme akan bangkitnya sektor pariwisata di Indonesa. Apalagi saat ini penerbangan internasional dengan tujuan Bali sudah mulai dibuka, dan jumlah kunjungan wisatawan perlahan mulai naik.

Sebagai kampus pariwisata di Bali, PIB sendiri berdiri pada 1 Maret 2017, dan saat ini memiliki tiga program studi, yakni, Culinary Art, Hotel Management, dan Event Management. “Sejak awal didirikan bertujuan untuk membentuk SDM yang berkualitas. Untuk tujuan itu pula, PIB saat ini sedang menyiapkan program studi baru yaitu Digital Business,” kata Prof Suli. 

Meski baru berusia lima tahun, Prof Suli menyebut lulusan dan mahasiswa PIB telah banyak yang mencapai keberhasilan. Untuk itu ia berharap seluruh civitas academica PIB tidak pernah berhenti bekerja keras untuk meraih prestasi yang lebih gemilang lagi. "Kepada dosen-dosen, mahasiswa, civitas academica, saya harapkan bekerja keras agar PIB ke depannya tambah maju," pesan Prof Suli. 

Sementara itu, Wakil Direktur Politeknik Internasional Bali, Dr Paulus Herry Arianto MA CBC, yang juga Ketua Panitia Dies Natalis  menyatakan di usia ke-5 PIB masih terus berbenah untuk menjadi institusi pendidikan yang andal, tidak hanya di Pulau Bali, tetapi dikenal di Asia Pasifik.

Rangkaian acara Dies Natalis ke-5 PIB sekaligus merupakan bagian dari Ujian Tengah Semester (UTS) seluruh mahasiswa PIB. "Mereka sudah beberapa bulan menyiapkan acara hari ini," ungkap Paulus. 

Mahasiswa Program Studi Event Management dipercayakan untuk mendesain acara dan bertugas langsung sebagai event organizer. Kemudian, mahasiswa dari Program Studi Culinary Arts mempresentasikan kemampuannya dalam kegiatan Nusantara Culinary Festival. 

Terakhir, mahasiswa dari Program Studi Hotel Management menunjukkan bakatnya dalam hal mixology minuman dengan mengkreasikan dan mengemas berbagai minuman tradisional seperti jamu menjadi mock tail yang lebih bernuansa modern. 

Acara Dies Natalis ke-5 ini diharapkan mampu menjadi momentum kebangkitan industri event dan hiburan di sektor pariwisata yang terdampak selama pandemi. Lembaga pendidikan sebagai salah satu stakeholder bersama-sama elemen industri melangkah  menyambut bangkitnya kembali sektor pariwisata.

"Mari kita wujudkan Bali sebagai destinasi wisata terbaik di dunia, yang penuh kearifan lokal, yang menjaga alamnya dam juga adat istiadatnya, tetapi juga bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi menuju new society 5.0," tandas Paulus. 

Wakil Gubernur Bali  Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati pun  mengucapkan selamat merayakan Dies Natalis yang ke-5 kepada PIB. Wagub berharap PIB semakin sukses di masa depan dalam menghasilkan alumni-alumni bertaraf internasional. 

"Kita dorong nanti anak-anak kita yang belajar ke luar negeri kenapa harus jauh-jauh kalau memang di Bali fasilitasnya sudah mencukupi dengan adanya PIB dan sekolah-sekolah yang lain," ucap Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini.  *cr78 

Komentar