nusabali

Operasi Pasar, Disperindag Sediakan 5.400 Kiloliter Minyak Goreng

  • www.nusabali.com-operasi-pasar-disperindag-sediakan-5400-kiloliter-minyak-goreng

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Koperasi dan UKM Karangasem menggelar operasi pasar minyak goreng curah di Pasar Amlapura Barat, Jalan Kesatrian Amlapura, Jumat (22/4).

Diperindag menyiapkan 5.400 kiloliter minyak goreng curah untuk pedagang di Pasar Amlapura Barat, Pasar Amlapura Timur, dan Pasar Karangsokong Amlapura. Minyak goreng curah dijual kepada pedagang Rp 14.700 per liter. Pedagang menjual Rp 15.500 per liter.

Kadisperindag, Koperasi dan UKM Karangasem, I Gede Loka Santika mengatakan, pedagang yang diundang ke operasi pasar bergilir agar tidak terjadi antrean. “Kami wajib menggelar operasi pasar minyak goreng agar harga minyak goreng stabil di Karangasem,” jelas Loka Santika didampingi Kabid Perdagangan I Nyoman Mangku. Disperindag Koperasi dan UKM bekerja sama dengan CV Crystal Denpasar sebagai distributor minyak goreng.

Selama ini minyak goreng di pasar terjual Rp 20.000 per liter. Buat sementara persediaan minyak goreng di pasar untuk Karangasem tidak ada kendala. Masyarakat masih mampu menjangkau harga minyak goreng yang belakangan ini harganya mencapai Rp 20.000 per liter. Belum pernah terjadi antrean membeli minyak goreng seperti yang terjadi di luar Bali. Saat operasi minyak goreng, setiap pedagang dibatasi kuotanya masing-masing diberikan jatah 30 liter. Sehingga terjadi pemerataan, harapannya perekonomian di Karangasem berjalan stabil.

Loka Santika mengungkapkan, harga jual minyak tandusan buatan masyarakat Rp 25.000 hingga Rp 27.000 per liter. Menyebabkan harga minyak curah Rp 20.000 per liter masih bisa dijangkau masyarakat. Buat sementara operasi pasar minyak goreng belum menyasar masyarakat umum, hanya sebatas melayani pedagang agar tidak terjadi antrean terlalu banyak dan menghindari terjadinya kerumunan. *k16

Komentar