nusabali

Hari Kartini, Bhayangkari dan Polwan Tabanan Kunjungi Lansia

  • www.nusabali.com-hari-kartini-bhayangkari-dan-polwan-tabanan-kunjungi-lansia

TABANAN, NusaBali
Suasana haru mewarnai kunjungan Bhayangkari Cabang Polres Tabanan bersama Polwan di Unit  Pelaksana Teknis Daerah  Pelayanan Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (UPTD -PSPPA) di Banjar Wanasara, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kamis (21/4).

Hal itu terjadi ketika  ibu-ibu anggota Bhayangkari   dipimpin Ketua Bhayangkari Cabang   Polres Tabanan Ria Ranefli, berbaur, bercengkerama dan  menyuapi makan para lansia penghuni UPTD.  Para lansia pun terisak, menangis menahan haru.

“Nggih tiyang driki nunas ajengan (ya saya di sini minta makan),” ucap  Ni Nengah Resik, salah seorang lansia. Dia pun menuturkan keberadaannya selama empat tahun tinggal di   UPTD PSPPA. “Putun-putun tiyang dija kaden (cucu cucu saya entah dimana),” ucap perempuan sepuh asal Penebel, sambil terisak.  

Ketua Bhayangkari Polres Tabanan Ria Ranefli spontan  menyemangati,  membesarkan hati Ni Nengah Resik. “Syukur mbah tinggal di sini, ada pengasuh ada teman- teman.  Tidak ada kesepian,” hibur Ria Ranefli.  

Suasana serupa juga terjadi dengan lansia lainnya. Rata- rata  terharu, mendapat kunjungan dan disuapi oleh ibu-ibu Bhayangkari dan polwan. “Ini cucu-cucu mbah juga semua,” hibur para ibu-ibu Bhayangkari dan polwan.

Ria Ranefli mengatakan  kegiatan sosial berkunjung ke UPTD PSPPA,   Bhayangkari Cabang Polres  Tabanan dan Polwan merupakan salah satu kegiatan  peringatan Hari Kartini 2022. “Wujud syukur atas perjuangan emansipasi dari Ibu Kartini,”  ujarnya. Diharapkan para lansia, dapat sedikit terhibur. “Mungkin (para penghuni) jauh dari keluarga, namun dengan keberadaan kita, Polwan dan Bhayangkari Polres Tabanan, paling   tidak bisa menghibur ibu-ibu kita dan bapak-bapak kita di panti  ini,”  ujarnya.

Bersama Ria Ranefli, hadir Kabag Sumda Polres Tabanan yang Kompol Ni Ketut Seni, Kapolsek Selemadeg Timur (Seltim)  AKP  Ni Luh Komang Sri Subakti, para pengurus Bhayangkari dan personel Polwan lainnya. Selain  menyuapi lansia, Bhayangkari dan Polwan Polres Tabanan juga menyerahkan bantuan paket sembako, demo memasak  dan pemeriksaan kesehatan.

UPTD PSPPA di Wanasara  merawat 15 ODGJ  yakni Panti Laras Mandiri. Dari 15 orang ODGJ 4 orang sedang dirawat di RSUJ di Bangli, sehingga sementara yang  ada di UPTD PSPPA 11 orang ODGJ. Sedangkan untuk  lansia 5 orang di Pondok Werdha Santhi. Anggaran untuk UPTD PSPPA Tahun 2022 Rp 180 juta, trmasuk upah untuk  tenaga pengasuh.

Sekretaris Dinas Sosial Tabanan Ni  Made Murjani, mengatakan bantuan dan donasi dari para donatur sangat membantu operasional UPTD PSPPA. “Terimakasih atas kunjungannya dan kebersamaannya  di hari yang sangat baik ini,”  ujar Made Murjani, mengapresiasi kunjungan Bhayangkari Cabang Polres Tabanan dan Polwan Polres Tabanan.  *k17

Komentar